Polisi Malaysia: Ada 4 Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam Masih Buron

Info grafis tersangka pembunuhan Kim Jong Nam. (CNN)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Kamis, 12 Oktober 2017 | 15:05 WIB

Shah Alam - Saksi polisi Malaysia mengatakan hari ini bahwa ada empat tersangka lain pelaku pembunuhan Kim Jong Nam, kakak dari diktator Korea Utara Kim Jong Un, di luar dua perempuan yang sudah ditetapkan sebagai tersangka sebelumnya.

Rekaman video di pengadilan menunjukkan tersangka Doan Thi Huong dari Vietnam berjalan bersama di bandara tempat kejadian bersama dengan seorang pria yang memakai topi. Secara terpisah, Siti Aisyah, tersangka dari Indonesia, terlihat berbicara dengan seorang pria yang memakai topi di sebuah kafe bandara beberapa saat sebelum Kim Jong Nam dibunuh dengan senjata kimia di bandara internasional Kuala Lumpur, 13 Februari lalu.

Wajah kedua pria yang menjadi tersangka baru itu tidak terlihat jelas. Kepolisian setempat menyebut dua pria tersebut dengan kode Mr. Y dan Mr. Chang.

Menurut Kepala Penyidik Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz, dua pria itu diduga membalurkan agen kimia VX ke tangan para tersangka perempuan sebelum mereka mengoleskan zat berbahaya itu ke muka Jong Nam.

Polisi juga memiliki dua tersangka lain yang disebut dengan alias James, perekrut Siti Aisyah dan Hanamori yang mengarahkan Mr. Y.

Menurut pengacara Huong dan Aisyah, mereka mengira tengah berada dalam sebuah acara TV mengerjai orang-orang. Mereka tidak tahu terlibat dalam rencana pembunuhan. Tetapi, jaksa penuntut mengatakan kedua tersangka mengetahui pasti rencana pembunuhan itu. Dalam video terlihat kedua perempuan melarikan diri ke wc sambil mendekap tangan, lalu mencuci tangan untuk menghilangkan jejak.

Motif pembunuhan Jong Nam masih misterius hingga saat ini, tetapi diduga Kim Jong Un berada di balik pembunuhan kakak tirinya itu. Jong Nam tidak tertarik masuk dunia politik Korut tetapi dirinya sangat vokal terhadap kediktatoran Korut.




Sumber: AP, Bloomberg
ARTIKEL TERKAIT