Kekayaan Donald Trump Anjlok $ 600 Juta

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kanan) beserta Ibu Negara, Melania Trump melihat fenomena gerhana matahari total di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, 21 Agustus 2017 waktu setempat. (AFP/Nicholas Kamm)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Rabu, 18 Oktober 2017 | 05:41 WIB

Yang kaya makin kaya, namun tidak demikian dengan Donald Trump.

Harta triliuner yang juga Presiden Amerika Serikat itu turun sebanyak US$ 600 juta menjadi US$ 3,1 miliar (Rp 41,8 triliun), menurut majalah Forbes yang mendaftar 400 orang terkaya di AS.

Dengan perkembangan ini, posisi Trump juga turun drastis ke urutan 248 dari 156 tahun lalu dalam daftar tersebut.

Menurut Forbes, sejumlah faktor yang menyebabkan berkurangnya harta Trump adalah "kondisi sulit pasar real estat di New York khususnya untuk lokasi retail; gugatan perdata yang mahal; dan biaya kampanye presiden yang sangat tinggi."

Trump misalnya menyepakati penyelesaian US$ 25 juta atas gugatan bahwa Trump University telah menipu mahasiswanya.

Namun secara keseluruhan kelompok orang terkaya Amerika ini menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu. Untuk masuk daftar 400 orang terkaya itu sekarang, harus memiliki harta paling tidak US$ 2 miliar. Standar baru ini merupakan sebuah rekor.

Menurut majalah tersebut, ada 169 triliuner yang masih "terlalu miskin" untuk bisa masuk daftar 400 besar, termasuk Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg.

Bill Gates masih memuncaki daftar untuk tahun ke-24 secara beruntun dengan kekayaan bersih US$ 89 miliar (Rp 1.201 triliun). Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos, bertahan di posisi kedua dengan harta US$ 81,5 miliar. Investor kondang Warren Buffett juga masih di posisi ketiga, hartanya US$ 78 miliar.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mencatat lonjakan kekayaan terbesar yaitu US$ 15,5 miliar menjadi US$ 71 miliar, tulis Forbes. Namun demikian, dia masih di posisi empat seperti sebelumnya.

Jika dikumpulkan, harta 400 orang terkaya itu mencapai US$ 2,7 triliun, naik dari US$ 2,4 triliun pada 2016. Angka ini juga merupakan rekor baru.

Secara rata-rata, tiap orang di 400 besar memiliki harta US$ 6,75 miliar.

Triliuner termuda dalam daftar adalah pencipta aplikasi Snapchat, Evan Spiegel, 27, dengan harta US$ 3,1 miliar dan menempatkannya di urutan 248. Triluner tertua adalah pengembang apartemen Alexander Spanos, 94, yang juga pemilik klub sepakbola San Diego Chargers. Kekayaannya senilai US$ 2,4 miliar.

Kalau menurut riset Bloomberg, harta Trump lebih rendah lagi yaitu senilai US$ 2,86 miliar dan dia tidak masuk daftar 500 orang terkaya di dunia.




Sumber: CNN Money
ARTIKEL TERKAIT