Gempa Iran Tewaskan 328 Orang

Personel SAR mencari korban gempa 7,3 skala Richter yang mengguncang Provinsi Kermanshah, Iran, pada 13 November 2017. (AFP)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Senin, 13 November 2017 | 18:27 WIB

Teheran - Sedikitnya 328 orang tewas dan lebih dari 2.500 lainnya terluka setelah gempa bumi hebat menghantam wilayah perbatasan Iran-Irak, Minggu (12/11) malam, menurut informasi kantor berita Iran, Isna.

Data US Geological Survey menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 19 mil dari kota Halabjah, Irak.

Gempa terjadi sekitar pukul 9:20 malam di kawasan barat Iran. Sekitar 70.000 orang butuh tempat penampungan emergensi, kata Bulan Sabit Iran.

Wilayah paling terdampak adalah Provinsi Kermanshah, di mana diberlakukan masa berkabung selama tiga hari. Lebih dari 236 orang tewas di kota Sarpol-e Zahab, hanya 10 mil dari perbatasan dengan Irak.

Farhad Tajari, seorang anggota parlemen setempat, mengatakan 15 kerabatnya tewas dalam gempa itu dan rumah sakit kota tersebut rusak serta kesulitan menangani pasien.

“Sarpol-e Zahab hanya punya satu rumah sakit, yang hancur akibat insiden ini. Semua pasien dan staf rumah sakit terkubur reruntuhan, jadi tidak bisa melayani,” ujarnya.

Di Irak, tujuh orang tewas dan 55 lainnya terluka akibat gempa tadi malam.




Sumber: The Guardian
ARTIKEL TERKAIT