9 Jam di Angkasa, Pelangi di Taiwan Pecahkan Rekor Dunia

Pemandangan pelangi kembar di Pantai Bondi, Sydney, Rabu 17 Juni 2015. (Reidy/Reidy)

Oleh: Natasia Christy Wahyuni / WIR | Rabu, 6 Desember 2017 | 17:30 WIB

Taipei - Taiwan berhasil memecahkan rekor dunia untuk fenomena pelangi terlama setelah mengalami kemunculan pelangi selama hampir sembilan jam pada Kamis lalu (30/11). Taiwan News menyebutkan pelangi itu direkam di Taipei oleh dua profesor, yaitu Chou Kun-hsuan dan Liu Ching-huang, dari Departemen Ilmu Atmosfer di Universitas Budaya Tiongkok (CCU).

Berdasarkan pengamatan mereka, pelangi bertahan selama delapan jam dan 58 menit, yaitu sejak pukul 06.57 pagi sampai pukul 15.55 sore. Taiwan News melaporkan bahwa jika waktu tersebut terkonfirmasi, maka lama kemunculan pelangi di Taiwan telah mengalahkan rekor sebelumnya selama enam jam di Yorkshire, Inggris, pada 14 Maret 1994.

“Sungguh menakjubkan. Ini rasanya seperti hadiah dari langit. Peristiwa ini sangat jarang!” kata Prof Chou, seperti dilaporkan BBC, Selasa (5/12).

Menurutnya, pihaknya telah siap merekam pelangi itu sebagaimana mereka telah merekam kemunculan pelangi selama enam jam, pada Senin sebelumnya. “Setelah empat jam, kami memobilisasi semua mahasiswa dan mulai memberitahu setiap orang di sekolah untuk mengambil gambar dan mengirimkan kami gambar-gambar,” ujar Chou.

Para mahasiswa pun mengirimkan gambar pelangi dari berbagai sudut dan waktu di halaman Facebook universitas. BBC menyatakan, departemen saat ini sedang mengumpulkan semua bukti untuk mengajukan fenomena pelangi di Taiwan itu ke dalam rekor Guinness.

“Dengan 10.000 gambar yang kami ambil di departemen kami sendiri, dan banyak lagi yang diambil oleh orang lain di kampus dan orang-orang yang tinggal dekat sini. Kami yakin bisa membuktikan kepada Guinness, detik demi detik bahwa pelangi ini terjadi selama sembilan bulan,” kata Chou.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT