Peringatan Peluru Kendali Membuat Warga Hawaii Panik

Peringatan Peluru Kendali Membuat Warga Hawaii Panik
Pesan berantai ancaman nuklir untuk warga Hawaii yang ternyata salah ( Foto: NY Times )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 14 Januari 2018 | 09:32 WIB

Hawaii - Penduduk Hawaii sempat dibuat panik karena salah alarm peringatan peluru kendali yang disiarkan secara berantai ke telepon genggam seluruh warga, Sabtu (13/1) waktu setempat.

Peringatan tersebut dikirimkan oleh Hawaii Emergency Management Agency tetapi dicabut sekitar 38 menit kemudian. Hal ini menimbulkan kebingungan warga yang tegang di tengah-tengah meningkatnya ketegangan nuklir antara AS dan Korea Utara. Warga juga bertanya-tanya kenapa butuh waktu lama untuk membatalkan alarm yang salah tersebut.

"Apa yang terjadi hari ini tidak dapat diterima. Komunitas kami terdampak salah alarm ini. Saya meminta maaf atas luka dan kebingungan yang dialami para warga," kata Gubernur David Y. Ige.

Pejabat setempat mengatakan salah alarm tersebut diduga berasal dari kesalahan manusia dan bukan akibat intervensi asing atau peretas. Kesalahan alarm terjadi saat latihan pergantian shift yang dilakukan tiga kali sehari.

"Ada yang salah pencet," kata Richard Rapoza, juru bicara Hawaii Emergency Management Agency.

Akibat kesalahan tersebut, pesan "ANCAMAN RUDAL BALISTIK MENGARAH KE HAWAII. SEGERA CARI PERLINDUNGAN. INI BUKAN LATIHAN," tersiar ke seluruh warga. Sistem yang belum sempurna membuat pemerintah lambat dalam menyiarkan pesan susulan bahwa telah terjadi salah alarm. Akhirnya pemerintah menggunakan media sosial untuk mengabari salah alarm.



Sumber: NY Times