Untuk Pertama Kali, Perempuan Arab Saudi Boleh Menonton Bola di Stadion

Perempuan di Arab Saudi Jumat lalu (12/1/2018) akhirnya diperbolehkan untuk menonton bola di stadion (AFP)

Oleh: Faisal Maliki Baskoro / FMB | Minggu, 14 Januari 2018 | 10:08 WIB

Jeddah - Perempuan di Arab Saudi Jumat lalu (12/1) akhirnya diperbolehkan untuk menonton bola di stadion. Namun, mereka ditempatkan di zona khusus perempuan yang terpisah dengan laki-laki.

Kebijakan ini adalah bagian dari reformasi sosial yang diprakarsai oleh Putra Mahkota ke-32 Arab Saudi, Muhammad bin Salman. Selain itu, Juni nanti perempuan juga akan diperbolehkan menyetir sendiri.

Stadion yang mendapat kehormatan ini terletak di Jeddah Jumat kemarin dan sebuah stadion di Riyadh menyusul pada hari Sabtunya, lalu stadion di kota Dammam pada Kamis depan.

Di stadion Jeddah, petugas perempuan mengenakan rompi oranye dan abaya diterjunkan untuk membantu penonton perempuan yang datang untuk melihat pertandingan antara Al-Ahli melawan Al-Batin. Stadion itu juga telah dilengkapi dengan ruang salat khusus perempuan, WC perempuan, pintu masuk khusus dan lahan parkir khusus perempuan. Ke depan, akan dibangun ruang merokok khusus perempuan.

Meski ruang penonton khusus perempuan dan keluarga tidak penuh tetapi hal ini dilihat sebagai langkah positif pemerintah Saudi yang ingin memberikan perempuan ruang dan peran lebih dalam masyarakat. Namun, ada saja yang tidak setuju. Di media sosial, banyak juga orang yang mengatakan perempuan seharusnya diam di rumah.

Pangeran Muhammad bin Salman ingin Arab Saudi yang lebih terbuka. Selain memberikan kebebasan baru bagi perempuan, dia juga akan mengizinkan bioskop untuk dibuka di Saudi bulan Maret nanti setelah dilarang selama 35 tahun terakhir.




Sumber: AP/Chicago Tribune
ARTIKEL TERKAIT