Kemlu Malaysia Rilis Penurunan Status Gunung Agung

Kemlu Malaysia Rilis Penurunan Status Gunung Agung
Gunung Agung erupsi. ( Foto: BNPB )
/ WBP Selasa, 13 Februari 2018 | 10:44 WIB

Kuala Lumpur- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia, Selasa (13/2) merilis penurunan status Gunung Agung di Provinsi Bali kepada media lokal dan internasional yang ada di Malaysia.

"Status keselamatan Gunung Agung di Bali telah diturunkan dari Tahap IV (Awas) kepada Tahap III (Siaga) pada 10 Februari 2018," ujar Juru Bicara Kemlu Malaysia, Datin Nirvana Jalil Gani di Kuala Lumpur.

Dia mengatakan radius berbahaya juga telah dikurangkan dari 6 kilometer ke 4 kilometer. "Walau bagaimanapun status keamanan Gunung Agung bisa berubah dalam waktu singkat, pihak pemerintah Indonesia telah memberi peringatan terhadap kemungkinan evakuasi jika status keamanan itu meningkat," katanya.

Dia mengatakan pemerintah Malaysia mengimbau warganya supaya mengambil langkah berjaga-jaga untuk keselamatan diri, mengikuti perkembangan berita setempat dan mematuhi arahan dari pihak-pihak terkait di Indonesia.

"Warga Malaysia yang memerlukan bantuan konsuler bisa menghubungi Kantor Konsulat Kehormatan Malaysia di Bali melalui e-mail balihcmalaysia@gmail.com atau Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui e-mail mwjakarta@kln.gov.my atau panggilan telepon ke nomer +62215224947 dan +6281380813036," katanya.

Sementara sejumlah pengungsi yang terdampak aktivitas vulkanik Gunung Agung mulai pulang kembali ke kampung halamannya secara mandiri dengan meninggalkan Posko Pengungsian GOR Swecapura, Klungkung, Bali, Minggu.

Kepulangan warga pengungsi tersebut sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait penurunan status Gunung Agung dari Level IV (Awas) ke Level III Siaga) yang dikeluarkan Sabtu (10/2) pukul 09.00 Wita.



Sumber: ANTARA
CLOSE