Kaus yang menampilkan gambar Presiden Barack Obama dalam versi revolusioner, dijual di kedai-kedai di Beijing, China (16/5). Menjelang pemilihan presiden November, Gedung Putih merilis daftar kekayaan keluarga nomor satu itu
Pajak penghasilan keluarga nomor satu itu adalah 20,5 persen dari total penghasilan

Gedung Putih merilis daftar kekayaan Presiden Barack Obama. Namun angka pastinya tidak disebutkan.

Dokumen itu menyebutkan kekayaan dan aset Presiden Obama tahun lalu bernilai antara 2,6 juta dolar hingga 8,3 juta dolar.

Sedangkan tahun 2010, harta kekayaan Barack dan Michelle Obama berjumlah antara 1,8 juta dolar hingga 12 juta dolar.

Keluarga itu memiliki cicilan rumah dengan tenor 30 tahun di Chicago, senilai antara 500 ribu hingga satu juta dolar dengan suku bunga 5,625 persen.

Formulir daftar kekayaan pejabat tinggi Amerika Serikat dikeluarkan tahun 1978, berdasarkan Undang-undang Etika Pemerintahan. Daftar harta kekayaan itu diisi dengan mencantumkan angka perkiraan.

Dengan demikian sulit untuk mengetahui angka pastinya.

Obama mendapat royalty dari tiga bukunya, yakni Dream From My Father, The Audacity of Hope dan Of Thee i Sing: A Letter to My daughter, jumlahnya berkisar antara 250 ribu dollar hingga 2,1 jura dollar.

Pada bulan April, Gedung Putih merilis laporan pajak keluarga Obama. Dalam setahun harta kekayaan mereka bertambah 789.674 dolar dan membayar pajak sebanyak 162.074 dolar.

Pajak penghasilan Barack Obama adalah 20,5 persen.

Obama yang juga mempublikasikan laporan pajaknya selama 12 tahun terakhir mendesak calon presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, melakukan hal yang sama.

Dalam kampanyenya, Obama sering mendorong Mitt Romney, seorang miliader yang juga keturuanan orang kaya, untuk membeberkan kekayaannya.

Sebagai respon, Romney mengatakan dia akan merilis laporan pajaknya sebelum pemilihan presiden.

Diperkirakan, setiap tahun penghasilan Romney diatas 20 juta dan membayar pajak sekitar 3,2 juta dolar.

Penulis: