Alasan Medis, 12 Anak Thailand Batal Nonton Final Piala Dunia

Alasan Medis, 12 Anak Thailand Batal Nonton Final Piala Dunia
Tim Penyelam Angkatan Laut Thailand dalam proses evakuasi 12 pesepakbola anak dan seorang pelatihnya yang terperangkap di dalam Gua Tham Luang di wilayah utara Provinsi Chiang Rai, 7 Juli 2018 ( Foto: AFP / Thai Navy SEAL )
/ WBP Rabu, 11 Juli 2018 | 08:51 WIB

Moskwa - Sebanyak 12 anak-anak Thailand dan pelatihnya yang berhasil diselamatkan dari banjir di gua dipastikan tidak akan menghadiri final Piala Dunia di Moskwa pada Minggu (15/7) karena alasan medis. Hal itu diungkapkan badan sepak bola dunia, FIFA pada Selasa (10/7).

FIFA sebelumnya mengundang mereka untuk menyaksikan pertandingan puncak setelah operasi penyelamatan darurat besar-besaran berhasil menyelamatkan empat anak terakhir dan pelatih sepak bola dari gua Selasa. Hal ini mengakhiri misi berat yang telah mencuri perhatian dunia selama lebih dari dua pekan.

Tim sepak bola Wild Boars, yang berusia antara 11 sampai 16 tahun, dan pelatihnya yang berusia 25 tahun terjebak pada 23 Juni ketika sedang mengeksplorasi kompleks gua di provinsi utara Chiang Rai. Ketika musim hujan, air menutupi celah-celah dan terowongan gua.

"Kami telah diinformasikan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) bahwa karena alasan-alasan medis, anak-anak itu tidak akan berada dalam posisi untuk melakukan perjalanan ke Moskwa menyaksikan final Piala Dunia FIFA," kata FIFA.

"Prioritas FIFA tetap kesehatan semua orang yang terlibat dalam operasi dan kami akan mencari kesempatan baru untuk mengundang anak-anak itu ke ajang FIFA untuk berbagi momen mereka dengan perayaan."

FIFA akan mengadakan pertemuan dengan FAT di Moskwa di sekitar final Piala Dunia pada Minggu, demikian Reuters.



Sumber: Reuters, Antara