Terkait Korupsi 1MDB, Singapura Kembalikan Dana ke Malaysia

Terkait Korupsi 1MDB, Singapura Kembalikan Dana ke Malaysia
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak (tengah) dikawal petugas saat tiba di Mahkamah Kuala Lumpur (MK) Malaysia, 4 Juli 2018. ( Foto: AFP / Mohd Rasfan )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 12 September 2018 | 18:19 WIB

Singapura- Pengadilan Singapura telah memerintahkan pengembalian dana Sing $ 15,3 juta (sekitar Rp 164,2 miliar) yang terkait 1Malaysia Development Berhad (1MDB), kepada otoritas Malaysia. Dana tersebut hanya sebagian kecil dari total yang disita Singapura sebagai penyelidikan transaksi ilegal yang terkait skandal 1MDB.

Pada Senin (10/9), pengacara untuk dana 1MDB dan pemerintah Malaysia menyatakan Singapura adalah salah satu dari setidaknya enam negara yang menyelidiki klaim bahwa sekitar US$4,5 miliar (sekitar Rp 66 triliun) disedot dari 1MDB, dana yang didirikan oleh mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak.

Pada 2016, pihak berwenang Singapura menyatakan mereka telah menyita uang tunai dan properti sebesar Sing $ 240 juta (sekitar Rp 2,57 triliun) sebagai hasil dari investigasi terhadap aliran dana yang terkait 1MDB melalui Singapura.

Pada Mei, Singapura dan Malaysia setuju untuk bekerja sama mengembalikan dana ke pemerintah Malaysia. Perintah pengadilan Singapura membersihkan jalan bagi repatriasi dana pertama dari Singapura.

Tan, Rajah dan Cheah sebagai firma hukum yang berbasis di Singapura, menyatakan bahwa uang itu diperoleh kembali dalam berbagai mata uang dari 1MDB dan anak perusahaan sebelumnya, SRC International.

"Dana Sing $ 15,3 juta (sekitar Rp 164,2 miliar) yang diperoleh kembali adalah tahap pertama dari upaya berkelanjutan untuk memulihkan dana yang secara tidak sah disalahgunakan dari 1MDB dan / atau SRC International Sdn Bhd Group of Companies. Jutaan lagi akan dikembalikan tepat waktu," katanya.

Dana tersebut akan ditransfer ke akun pemulihan 1MDB khusus di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. "Upaya untuk memulihkan aset yang disalahgunakan secara tidak sah lainnya sedang berlangsung," kata firma itu.

Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng mengucapkan terima kasih kepada pengadilan Singapura atas keputusannya. Dia berharap keputusan ini akan menjadi awal dari lebih banyak lagi pengembalian dana yang akan datang.

"Setelah semua, jumlah uang ini hanya puncak gunung es yang akan dikembalikan berkaitan dengan 1MDB," kata Lim.

Singapura telah mengambil tindakan terhadap beberapa bank dan pejabat bank karena melanggar kontrol pencucian uang atas transaksi yang terkait dengan 1MDB, termasuk penutupan unit BSI Bank dan Falcon Bank.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE