Pangeran Charles Janji Setop Campuri Semua Urusan Jika Jadi Raja

Pangeran Charles Janji Setop Campuri Semua Urusan Jika Jadi Raja
Pangeran Charles ( Foto: AFP )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Jumat, 9 November 2018 | 16:16 WIB

London- Pangeran Inggris, Charles, berjanji akan berhenti mencampuri semua urusan jika dia nantinya menjadi raja, menyebut bahwa dirinya tidak sebodoh itu.

Pewaris takhta Inggris itu sejak lama bersuara atas berbagai isu mulai dari perubahan iklim dan arsitektur sampai pengobatan alternatif, sehingga dikritik jika dia terus bersikap demikian maka akan membuat monarki dalam risiko.

Berbicara menjelang ulang tahunnya ke-70 pekan depan, putra tertua dari Ratu Elizabeth yang berusia 92 tahun, menyatakan peran monarki sepenuhnya berbeda dari posisinya sebagai Pangeran Wales.

“Ide, entah bagaimana, bahwa saya akan tetap dengan cara sama, jika saya mewariskan takhta, benar-benar tidak masuk akal karena dua situasi yang benar-benar berbeda,” kata Charles kepada kantor berita Inggris, BBC, Kamis (9/11).

Ditanya mengenai kelanjutan kampanye publiknya, dia menyatakan, “Tidak, tidak akan. Saya tidak sebodoh itu,” ujarnya.

Di bawah konstitusi tertulis Inggris, raja diwajibkan tetap netral atas masalah-masalah politik meskipun dalam praktiknya tidak menggunakan kekuatan praktis. Selama 66 tahun berkuasa, sebagai monarki tertua dalam sejarah Inggris, Elizabeth tidak pernah menyampaikan pandangan pribadinya.

Di pihak lain, Charles tidak merahasiakan pendapatnya, mengakui bahwa menantang sudut pandang ortodoks membuatnya tidak populer di beberapa kalangan.

“Sebagai seorang remaja, saya ingat tentang pekerjaan pembongkaran yang berlebihan pada setiap aspek kehidupan,” kata Charles dalam wawancara tertulis dengan majalah Vanity Fair.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE