Kuburan Massal 200 Jenazah Ditemukan di Etiopia

Kuburan Massal 200 Jenazah Ditemukan di Etiopia
Unjuk rasa di Ethiopia. ( Foto: ist )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 10 November 2018 | 19:24 WIB

Addis Ababa- Kepolisian Etiopia telah menemukan kuburan massal dengan 200 jenazah di dekat perbatasan antara wilayah Somali dan Oromia, Etiopia.

Di wilayah itu, pada tahun 2017, ratusan ribu orang telah mengungsi karena kekerasan. Polisi berusaha mengidentifikasi 200 mayat yang ditemukan.

Media lokal melaporkan bahwa makam massal itu ditemukan saat penyelidikan atas dugaan kekejaman yang dilakukan oleh mantan kepala wilayah Somali, Etiopia.

Saat ini, Abdi Mohammed sedang menunggu sidang pengadilan atas penghasutan yang memicu bentrokan etnis. Buronan aparat keamanan regional itu dikenal polisi Liyu dengan tuduhan pembunuhan di daerah antara daerah Somali dan Oromia dan dilaporkan langsung ke kepala regional.

Mohammed dipaksa mengundurkan diri pada Agustus dan ditangkap beberapa minggu kemudian setelah kekerasan terjadi di ibu kota daerah, Jijiga.

Mohammed juga diduga telah terlibat dalam pelanggaran hak manusia yang serius termasuk penyiksaan, perkosaan dan pembunuhan selama 13 tahun pemerintahannya.

Bulan lalu, kantor berita negara bagian Fana melaporkan bahwa Mohammed berusaha melarikan diri dari tahanan polisi dengan memanjat melalui jendela menjelang sidang pengadilan.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE