Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengangkat anak dalam piknik hari kemerdekaan di taman belakang Gedung Putih, Washington (4/7). Perayaan kemerdekaan kali ini dipersembahkan untuk militer dan generasi 9/11
Lebih dari satu juta orang tidak memiliki aliran listrik

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendedikasikan liburan perayaan hari kemerdekaan, untuk generasi 9/11.

Dalam liburan nasional 4 Juli, Presiden Obama mengadakan pesta barbecue dilanjutkan dengan pesta kembang api di halam Gedung Putih.

Perayaan kemerdekaan kali ini dihantui oleh ketidaknyamanan akibat badai yang menghantam Amerika Serikat, terutama kawasan pantai timur.

Lebih dari satu juta orang tidak memiliki aliran listrik, setelah badai memporakporandakan pembangkit listrik.

Kerusakan terjadi di Illinois hingga Ohio ke Kentucky. Demikian juga di di ibu kota, Washington, DC.

Meskipun perayaan kemerdekaan kali ini kekurangan pendingin udara, dalam cuaca yang panas, namun Obama memfokuskan perhatian terhadap militer.

"Selamat perayaan 4 Juli," kata Presiden yang didampingi ibu negara Michelle Obama, kepada tamu yang hadir di kebun belakang Gedung Putih.

Obama juga mengucapkan terima kasih kepada penjaga pantai yang kerja kerasnya.

"Hari ini di seluruh Amerika Serikat, di sekolah, di pantai, di balai kota, Amerika merayakan kebebasan untuk anda semua dan keluarga. Seperti yang dilakukan banyak orang, kita barbecue di halaman belakang," kata Obama.

"Semua lelaki dan perempuan yang berdiri disini petang ini adalah generasi pahlawan, generasi 9/11, yang memiliki tempat tersendiri disamping sejarah besar lainnya."

Pesta kembang api di ibu kota rencananya dimulai pukul 9 malam, namun ditunda karena badai pekan lalu, yang menewaskan sedikitnya 20 orang.

Penulis: