Pasangan kerajaan Inggris Pangeran William dan Kate Middleton, mengamati penari lokal dalam acara kebudayaan di desa Honiara, Kepulauan Solomon (17/9
Banyak diantara kita yang suka telanjang di rumah. Tentu saja semua melakukannya

Gambar telanjang dada istri Pangeran William, Kate Middleton, dan foto telanjang Pangeran Harry yang tengah berpesta di hotel Las Vegas, memerahkan 'kuping' Istana, namun tidak merusak reputasi kerajaan Inggris.

Meskipun pihak Istana Buckingham mengajukan tuntutan hukum kepada majalah Prancis yang memuat pertama kali Kate berbikin dan telanjang dada, namun majalah lain memuat kembali foto hasil intipan paparazzi itu.

Tabloid Daily Star Iralndia, mencetaknya pada hari Sabtu, sedangkan majalah gosip dari Itali, Chi, mengatakan mereka mencetaknya sebnyak 26 halaman untuk edisi khusus, yang diedarkan Senin.

Foto-foto itu diperoleh ketika pasangan kerajaan itu tengah berlibur di selatan Prancis, pada bulan ini.

Hasil jepretan ini dipublikasikan menyusul foto telanjang Pangeran Harry, yang tengah berpesta di suite hotel di Las vegas.

Dalam foto yang diduga direkam oleh telepon seluler itu, Pangeran Harry yang telanjang terlihat memeluk perempuan yang juga telanjang, dari belakang.

Kedua skandal foto itu menghasilkan ribuan kolom di berbagai media di seluruh dunia, namun sepertinya tidak mempengaruhi popularitas kerajaan Inggris.

Justru banyak penduduk Inggris menganggap foto itu menambah popularitas Kate.

"Dia adalah aset besar keluarga Istana," kata seorang pakar yang mendalami keluarga kerajaan Kate Williams.

"Saya pikir orang-orang akan simpati," tambahnya.

"Banyak diantara kita yang suka telanjang di rumah. Tentu saja semua melakukannya. Mereka hanya tengah menikmati liburan biasa."

Williams menambahkan, kematian Putri Diana dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997, yang tengah menghindari buruan paparazzi di Paris, menunjukkan minat publik yang menginvasi kehidupan pribadi.

"Diana dihantui oleh pers," katanya. "Mereka tidak ingin melihatnya itu kembali."

Sejauh ini belum ada media Inggris yang memuat foto telanjang dada Kate. Sedangkan foto telanjang Harry dimuat tabloid Sun.

"Harry tidak realistik mengenai privasi," tulis editorian Sun.

"Foto Kate sangat mempunyai sudut pandang yang berbeda."

Saat ini Pangeran William dan Kate tengah melakukan tur sembilan hari di negara Asia Tenggara. Pasangan ini mengunjungi Singapura, Malaysia, Solomon dan Tuvalu.

Kate Williams mengatakan cara efektif meredakan skandal ini adalah jika Istana mengumumkan kabar khusus.

"Jika ada bayi kerajaan yang akan segera lahir, semua kasus ini akan segera dilupakan," katanya.

Penulis: