Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta
Dikhawatirkan konflik kedua negara ini akan menyebar ke negara-negara tetangga.

Adu senjata yang berkelanjutan antara Suriah dan Turki meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik bisa meningkat dan menurut Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta, bisa menyebar ke negara-negara tetangga.

Panetta mengatakan AS menggunakan jalur diplomatik untuk menyampaikan kekhawatiran tentang konflik bersenjata ini dan berharap supaya tidak meluas.

Komentarnya ini menanggapi peringatan dari perdana menteri Turki bahwa negaranya bisa jadi akan memulai peperangan resmi dengan Suriah.

Turki dan Suriah saling mengadu artileri senjata mereka pada Sabtu (6/10) ketika para pemberontak melakukan pertempuran dengan pasukan Presiden Bashar Assad dekat daerah perbatasan, menyebabkan meningkatkan ketakutan bahwa krisis bisa meningkat menjadi konflik regional.

Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (5/10) lalu memberi peringatan pada Damaskus untuk tidak menguji “batas dan pertahanan” Turki dan mengatakan Ankara tidak main-main dengan peringatan ini dan tidak akan menolerir tindakan apa pun.

Dalam komentar lainnya selama konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Peru, Pedro Cateriano, Panetta memperingatkan bahwa komunitas internasional siap untuk memaksakan lebih banyak sangsi kepada Iran jika negara itu tidak memulai tindakan perubahan terkait program nuklirnya.


Penulis: