Halaman depan weibo.com, situs mikrobloging yang sering digadang-gadang sebagai "Twitter China"
Wali kota atau model jam tangan mewah?

Foto seorang wali kota China yang mengenakan jam tangan mewah memicu kemarahan di dunia maya negeri Tirai Bambu itu. Banyak pengguna jejaring sosial di negara itu yang menyebutnya lebih cocok menjadi model jam tangan mewah.

Yuan Zhanting, walikota Lanzhou, kota di provinsi miskin Gansu, dinilai berlebihan oleh rakyatnya karena memamerkan barang-barang mewah.

Foto-foto Walikota Yuan pertama kali diunggah pengguna internet bernama Zhou Lubao ke situs Sina Weibo - semacam Twitter-nya China . Foto-foto itu menunjukkan Yuan menggunakan lima jam tangan mewah, salah satunya bermerek Omega yang harganya berkisar Rp.230 juta.

"Para pejabat kami kini berubah menjadi model jam tangan mewah," tulis salah seorang pengguna weibo.

Zhou, kepada surat kabar Global Times, mengaku mengunggah foto-foto itu sebagai bentuk protes atas keputusan pemerintah lokal yang menjebloskan seorang perempuan ke dalam kamp kerja paksa.

Dia juga mengaku menerima banyak telepon dari pemerintah di Lanzhou dan Beijing, yang mendesaknya untuk menghapus foto-foto itu.

Yuan (51) kepada sebuah surat kabar lokal mengatakan bahwa dia sudah melihat foto-foto itu dan bahwa "pemerintah Gansu sedang menangani masalah itu."

Yuan bukan satu-satunya pejabat China yang pernah disorot karena menggunakan barang-barang mewah.

Sebelumnya seorang petinggi dari Provinsi Shaanxi dipecat setelah para pengguna internet ramai membicarakan "kesombongannya" yang memposting foto dirinya sedang mengenakan jam tangan yang diklaimnya berharga 300.000 yuan.

Di Indonesia peristiwa serupa pernah terjadi, tetapi bedanya para anggota legislatif yang bersarang di Senayan. Mereka disorot karena gaya hidup yang mewah dengan koleksi jam-jam tangan mahal serta mobil-mobil mewah yang berjejeran di parkiran gedung DPR.

Penulis: