Pesawat Tempur F133 Buatan Iran
Jakarta - Iran memperkenalkan sebuah pesawat siluman buatan lokal yang diklaim sebagai salah satu jet tempur terbaik di dunia.

Pesawat yang bisa mengelabui radar dan dinamai Qaher F313 itu adalah kreasi militer Iran yang paling anyar setelah pada 2007 meluncurkan pesawat tempur Azarakhsh.

Presiden Iran, Mahmoud Ahmedinejad, dalam acara peluncuran jet itu yang ditayangkan televisi lokal, mengatakan pesawat itu "mempunyai hampir seluruh fitur positif" yang dimiliki oleh jet-jet paling canggih di dunia dan "merupakan salah satu dari jet-jet tempur terbaik di dunia."

Dia juga menegaskan bahwa "perkembangan kekuatan militer Iran bertujuan untuk memperkuat pertahanan dan berjaga-jaga dari serangan negara lain."

Sejumlah gambar dari jet itu ditampilkan oleh stasiun televisi pemerintah, menunjukkan sebuah jet abu-abu yang oleh Menteri Pertahanan Iran diklaim terbuat dari bahan-bahan baru dan sangat sukar ditangkap oleh radar.

Upacara peluncuran jet itu sendiri bertepatan dengan perayaan ulang tahun revolusi Iran yang 34.

Masih dalam pekan ini Iran juga mengklaim berhasil mengirim seekor monyet ke luar angkasa. Aksi Iran itu mendapat tanggapan beragam dari dunia, tetapi sebagian besar negara Barat menilai pengiriman roket digunakan Iran untuk mengembangkan roket jarak jauh yang bisa membawa hulu ledak nuklir.

Iran sendiri sejak lama sudah membantah mengembangkan senjata nuklir dan menegaskan bahwa program nuklirnya digunakan untuk tujuan damai, antara lain sebagai pembangkit tenaga listrik.

Penulis: