Ilustrasi gempa. (Foto: AFP)
Islamabad - Gempa berkekuatan sedang, 5,3 Skala Richter (SR), mengguncang beberapa bagian Pakistan pada Selasa malam (5/2), demikian laporan media resmi negeri itu.

Stasiun televisi milik negara di Pakistan, PTV News, mengutip Departemen Meteorologi Pakistan melaporkan, gempa tersebut mengguncang wilayah barat-laut negeri tersebut.

Guncangan dapat dirasakan di Peshawar, Ibu Kota Provinsi Pakistan Barat-laut, dan daerah yang berdekatan -- wilayah Dir, Swat serta Malakand.
 
Pusat gempa dengan kealaman 214 kilometer, dilaporkan berada di Wilayah Hindu Kush, gugusan gunung yang berada di Pakistan utara dan bagian timur-laut Afghanistan.

Gempa itu mengakibatkan kepanikan di kalangan warga di daerah yang terpengaruh; warga bergegas ke luar rumah mereka di tengah udara sangat dingin dan hujan lebat. Meski demikian, belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerugian harta di daerah yang diguncang gempa tersebut. 

Badan Survei Geologi AS menyebutkan, pada pertengahan Agustus 2012, gempa bumi dengan kekuatan 5,4 SR mengguncang wilayah utara Pakistan, kata .

Pusat gempa pada kedalaman 53 kilometer itu, tercatat berada 119 kilometer dari Mingaora di wilayah utara Swat dan 130 kilometer dari Gilgit di Kashmir.

Gempa tersebut terjadi di dekat perbatasan antara provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan negara bagian India, Jammu dan Kashmir, sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Pakistan diguncang gempa dengan kekuatan 7,6 SR pada 8 Oktober 2005, sehingga menewaskan lebih dari 73.000 orang, sementara 3,5 juta orang kehilangan tempat tinggal, terutama di Kashmir yang dikuasai Pakistan dan bagian wilayah Khyber Pakhtunhwa.

Penulis: