Barack Obama dan Tiger Woods

Florida, AS - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengajak pegolf ternama Tiger Woods bertanding hari Minggu (17/2) waktu setempat di sela-sela libur presiden.

Woods, dulunya mendominasi olahraga itu sebelum karirnya diganggu oleh skandal perselingkuhan, bergabung dengan Obama di klub yacht dan golf Floridian, di pantai Treasure, Florida. Mereka berdua pernah bertemu sebelumnya, tapi momen hari Minggu itu adalah pertamakalinya mereka bertanding.

Gedung Putih melarang media untuk meliput acara itu.

Bersama mereka ada juga Jim Crane, pengusaha asal Houston yang memiliki klub Floridian dan klub bisbol Houston Astros, dan menteri perdagangan Amerika yang akan pensiun Ron Kirk, juga adalah mantan walikota Dallas, kata jurubicara Gedung Putih Josh Earnest.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Obama yang penggila golf mendapat bimbingan dan sempat bermain beberapa lubang dengan Butch Harmon, mantan pelatih Woods.

Majalah Golf Digest melaporkan Obama menghabiskan delapan jam bersama Harmon, dengan memainkan 27 lubang dan berlatih memukul di studio Harmon, lalu hari berikutnya bermain bersama Woods.

Dilaporkan bahwa rencana awalnya adalah mereka akan bermain di The Medalist Golf Club dekat rumah Woods, sebelum akhirnya diputuskan memilih tempat di Floridian.

Woods pergi setelah memainkan 18 lubang, namun Obama masih melanjutkan permainan hingga sembilan lubang lagi.

"Melihat interaksi dua orang itu di lapangan cukup menyenangkan," kata Harmon di Golf Digest.

"Presiden bilang ke Tiger: 'Turnamen terakhir yang kamu mainkan enak ditonton. Senang bisa melihatmu bermain bagus lagi.' Anda bisa bilang dia (presiden) serius mengatakan itu. Bukan sekedar pujian basa-basi."

Kelihatannya memang Obama and Woods — dua pria hitam pertama yang meraih posisi puncak di bidang mereka masing-masing — telah melewati beberapa tahun terakhir merencanakan permainan Minggu kemarin.

Mereka bertemu pada Januari 2009, waktu pelantikan Obama di Washington. Empat bulan kemudian, Woods berkunjung ke Gedung Putih dan disambut Obama di kantor Oval.

Kehidupan pribadi Woods memanas di akhir 2009 setelah terungkap dia berselingkuh beberapa kali dan berakhir dengan perceraian. Dia lalu meminta maaf kepada publik dan mengumumkan mundur dari golf. Segera setelah itu, Obama mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Fox News Channel bahwa Woods masih seorang pegolf yang hebat terlepas dari masalah pribadinya.

Saat kembali ke olahraga ini, Woods tak pernah menang dalam dua tahun, namun permainannya kembali setelah itu dan dia sekarang peringkat nomor 2 dunia. Woods memenangkan turnamen terakhir yang diikutinya, tiga pekan lalu di San Diego.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:The Associated Press