Sejumlah pencari kerja antre untuk mengirimkan surat lamaran seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di Kantor Pos Besar, Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Jakarta - Pemerintah berencana membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 169 ribu pada tahun ini. Penerimaan tersebut dilakukan baik di pusat maupun daerah termasuk juga penyelesaian pegawai honorer yang masih tersisa.

Tes penerimaan CPNS akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Dari jumlah tersebut yang akan diterima 60 ribu pegawai umum. Sementara PNS yang diperkirakan memasuki masa pensiun pada tahun ini sekitar 110 ribu orang.

“Untuk penerimaan dari kategori umum 60 ribuan,” kata Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) melalui rilis, Jumat (10/5).

Pada tahun depan pemerintah juga merencanakan tetap membuka seleksi CPNS setelah sempat ditutup untuk beberapa kementerian dan lembaga pada dua tahun terakhir. Selain itu pada tahun 2014, kementerian tersebut menargetkan masalah pegawai honorer akan rampung.

Kementerian PAN dan RB saat ini juga masih menerima masukan tentang kebutuhan CPNS dari setiap daerah. Di berbagai daerah saat ini status pegawai dibagi atas pegawati tetap dan pegawai tidak tetap yang dibedakan melalui sumber penggajian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan non-APBN.

“Setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkan,” kata dia lagi.

Tes penerimaan pegawai tidak tetap ini juga disamakan dengan materi tes penerimaan pegawai antara lain tes kepribadian, tes potensi akademik dan wawasan kebangsaan.

Penulis: Ezra Sihite/FMB