Seorang pedagang menata bawang merah di Pasar Pagi Tegal, Jateng.

Serang - Harga bawang di wilayah Provinsi Banten menembus angka Rp 64.000 per kilogram (kg). Berdasarkan pantuan di sejumlah pasar di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, harga bawang merah mencapai Rp 64.000 per kg. Sementara harga bawang putih mencapai Rp 60.000 ribu per kg.

Menurut keterangan sejumlah pedagang di Pandeglang, harga bawang merah mengalami kenaikan dua kali lipat dari harga normal sebelumnya Rp 30.000 per kg. Sementara bawang putih juga hampir sama mengalami kenaikan dua kali lipat dari harga normal sebelumnya Rp 36.000 per kg.

Kenaikan harga bawang ini lebih dipicu oleh minimnya stok di agen, yang sudah terjadi sejak dua pekan lalu. Pada saat awal terjadi kenaikan, harga bawang merah dan bawang putih masih sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per kg.

“Harga saat ini semakin melambung tinggi. Para pedagang juga mengalami kesulitan untuk menjual bawang ke konsumen karena harga yang kami beli ke agen juga sangat mahal,” ujar Saprudin, salah satu pedagang bawang di Pasar Badak Pandeglang, Jumat (15/3).

Saprudin mengaku tidak mengetahui persis penyebab kenaikan harga bawang yang begitu tinggi saat ini. Namun, menurut Saprudin, fakta yang terjadi saat ini, stok bawang di agen sangat minim. Selain itu, stok di tingkat petani bawang juga sangat menipis sehingga mempengaruhi harga bawang di pasaran.

“Kalau harga bawang di tingkat agen saja sudah mahal, maka konsekuensinya para pedagang eceran juga pasti mahal. Kami dari pihak pedagang juga tidak bisa berbuat banyak. Kalau harga terus meningkat, kami khawatir tidak ada konsumen yang mau beli. Kami juga tidak sanggup membeli bawang di agen yang begitu mahal,” ujarnya.

Sementara itu, di Kabupaten Lebak, harga bawang sudah menyentuh angka Rp 45.000 per kg dari harga normal sebelumnya Rp 24.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Lebak, Yuyun Setia menjelaskan, melambungnya harga bawang karena ada gangguan cuaca pada sentra produksi bawang. Akibatnya, hasil panen dari para petani bawang menurun dan kualitasnya kurang baik.

“Berdasarkan pantaun kami di sejumlah pasar di Lebak, pasokan bawang selama sepekan terakhir ini sangat minim. Pada awal pekan lalu, harga bawang merah maupun bawang putih di sejumlah pasar di Lebak mencapai Rp 40.000 sampai Rp 40.300 per kg. Namun, saat ini harga bawang sudah menyentuh angka Rp 45.000 per kg,” jelasnya.

Menurut Yuyun, pada saat normal harga bawang putih Rp 30.000 per kg. Namun saat ini, harga bawang putih menjadi Rp 45.000 per kg. Sedangkan bawang merah, pada situasi normal Rp 24.000 per kg. Namun saat ini sudah mencapai Rp 44.000 per kg.

Investor Daily

Penulis: 149

Sumber:Investor Daily