Bongkar muat di pelabuhan dalam rangka pertumbuhan ekonomi

Jakarta – Tiga operator pelayaran petikemas domestik siap meningkatkan kinerja pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Ketiga operator pelayaran itu adalah PT Meratus Line, PT Taruna Kusan Explosive, dan PT Timur Asri Laut.

General Manager Pelindo III Cabang Maumere Johana Pairikas menuturkan bahwa masuknya ketiga perusahaan tersebut seiring dengan pertumbuhan arus petikemas di Pelabuhan Maumere.

“Mereka nantinya akan bekerjasama dengan Pelindo III Cabang Maumere selaku pengelola Pelabuhan Maumere. Dan, mereka akan bertindak sebagai penyedia fasilitas pendukung kegiatan bongkar muat petikemas,” kata Johana dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/3).

Meratus Line, perusahaan pelayaran yang berpusat di Surabaya itu telah menyatakan kesediaannya untuk menyiapkan satu unit trailer ukuran 20 feet, empat unit head truck, delapan unit chasis ukuran 20 feet, satu unit chasis ukuran 40 feet, satu unit forklift kapasitas tiga ton, dan satu unit reach stacker kapasitas 45 ton.

“Sama seperti Meratus, pelayaran Timur Asri Laut berkomitmen untuk menyediakan enam unit trailer ukuran 20 feet, satu unit head truck, tiga unit chasis ukuran 20 feet, satu unit forklift kapasitas 25 ton, dan satu unit forklift kapasitas 15 ton,” tutur Johana.

Nantinya, kedua perusahaan tersebut akan melakukan bongkar muat dari dan ke atas kapal dengan menggunakan crane kapal, karena kapal mereka dilengkapi fasilitas itu.

Sementara itu, Taruna Kusan Explosive turut menyertakan mobile crane dalam komitmennya. Alat-alat yang akan disiapkan oleh Taruna Kusan Explosive meliputi satu unit mobile crane kapasitas 80 ton, satu unit mobile crane berkapasitas 50 ton, empat unit trailer ukuran 20 feet, dan satu unit forklift kapasitas tiga ton.

“Mobile crane mereka siapkan untuk melakukan bongkar muat petikemas dari dan ke kapal. Kapal-kapal mereka berbeda dengan yang dimiliki oleh Meratus ataupun Timur Asri Laut yang telah dilengkapi dengan crane kapal,” lanjutnya.

Investor Daily

Penulis: KEY/WBP

Sumber:Investor Daily