Sepeda motor Wildfire buatan China yang akhirnya dilarang dijual di Amerika Serikat.

Ohio - Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mengumumkan telah membatalkan persetujuannya untuk impor 74.000 sepeda motor dan ATV (jenis motor roda empat) dari China karena dianggap tidak melengkapi atau memalsukan informasi dalam sertifikasi yang disyaratkan.

Kendaraan itu diimpor oleh Snyder Technology, Inc. dan Snyder Computer Systems, Inc. di Ohio dan dijual dengan merk Wildfire Motors Corporation.

EPA mengatakan telah menerbitkan sertifikat kepatuhan pada Wildfire Motors untuk berbagai jenis sepeda motor biasa dan off road dan juga jenis ATV sejak 2006 hingga 2012.

Sertifikat tersebut diterbitkan sebelum impor dan penjualan di Amerika bisa dilakukan dan setelah pabrik pembuat dan importer mengajukan data uji emisi yang memenuhi standar emisi federal.

Sebagian tes emisi yang penting mencakup kadar polutan oksida nitrogen (NOx), karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang menghasilkan asap.

Setelah dilakukan penyelidikan yang panjang, EPA menuduh permohonan sertifikasi oleh Wildfire Motors berisi informasi menyesatkan dan harus ditolak.

EPA juga menuduh pabrik sepeda motor itu di China tidak melakukan uji emisi secara akurat atas motor merk Wildfire Motors.

Dari daftar hasil uji sertifikasi yang dirilis EPA, pabrik-pabrik pemasok Wildfire Motors antara lain: Taixing Sandi Motorcycle Co. Ltd., Zhejiang Jiajue Apollo Vehicle Manufacture Co., Ltd. dan Zhejiang Zhufeng Huawin Motorcycle Co., Ltd. Namun tidak dijelaskan perusahaan mana yang telah diselidiki oleh EPA.

Kendaraan yang melanggar ketentuan sertifikasi itu tidak boleh diimpor dan dijual di Amerika Serikat. Pemilik yang sudah terlanjur membeli kendaraan terkait tidak dibebani tanggung jawab kesalahan yang dilakukan pabriknya dan diizinkan terus mengunakan sepeda motor mereka.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Motorcycle.com