Bandara Polonia Medan.

Medan - Pengoperasian Bandara Polonia Medan akan dikembalikan kepada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) apabila kegiatan penerbangan dari dan menuju Medan dipindahkan ke Bandara Kualanamu pada pertengahan tahun 2013 ini.

"Nanti akan kami kembalikan TNI AU. Itu kan dulunya milik mereka. Kami tidak tahu nanti ini akan seperti apa," ungkap Plt General Manager Bandara Polonia Slamet Samiadji di Medan, Sumatera Utara, Senin (8/4).

Pengoperasian Bandara Polonia saat ini juga dinilai sudah tidak ideal mengingat daya tampungnya sudah melebihi kapasitas, baik di terminal penumpang maupun di terminal kargo.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura II, kapasitas penumpang di Bandara Polonia ini hanya sebanyak 900.000 penumpang per tahun. Adapun hingga akhir tahun lalu jumlah penumpang sudah menembus hingga 7,7 juta penumpang.

Pada Tahun-tahun berikutnya jumlah penumpang diprediksi terus meningkat menyusul adanya rencana dari maskapai penerbangan menambah jumlah penerbangan.

"Saat ini total ada 570 penerbangan per hari di bandara ini. Belum lagi ada Garuda yang mau menambah penerbangan 40 kali jika sudah bandara Kualanamu beroperasi," tandas Slamet.

Investor Daily

Penulis: EAN/WBP

Sumber:Investor Daily