Salah satu alasan pemudik membawa motor karena buruknya sistem transportasi jarak dekat di kampung halamannya.

Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua [motor] maupun roda empat [mobil] diperkirakan meningkat di atas empat persen pada tahun ini.

Ditiadakannya kereta api kombinasi [KA Combi] yang bisa mengangkut penumpang sekaligus motor menjadi pemicunya.

“KA yang bisa mengangkut penumpang sekaligus sepeda motornya masih sangat dibutuhkan,” kata Ketua Umum Mayarakat Transportasi Indonesia [MTI] Danang Parikesit, Kamis seperti dikutip Suarapembaruan.com

Menurut dia, salah satu faktor alasan keinginan pemudik membawa motor karena buruknya sistem transportasi jarak dekat di kampung halamannya. Sepanjang 2010, jumlah pemudik yang menggunakan motor sekitar 2,3 juta orang, sedangkan mobil mencapai 1,54 juta orang.
 
Dia mengatakan, penghapusan kebijakan tersebut dikhawatirkan akan meningkatkan jumlah kecelakaan lalu lintas seiring tingginya angka pemudik yang menggunakan motor. Sepanjang periode mudik 2007-2010, kecelakaan lalu lintas terbesar terjadi di tahun 2008, yakni 2.553 kasus dengan jumlah korban meninggal sebanyak 1.092 orang. Jumlah tersebut menurun drastis setelah pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia [KAI persero] memaksimalkan penggunaan KA Combi.
 
Menurutnya, kecelakaan mudik 2011 akan didominasi kendaraan roda dua. Pasalnya, sebagian besar motor yang dibawa pemudik tidak didesain untuk jarak jauh, khususnya motor berkapasitas di bawah 200cc.
 
Di sisi lain, pada mudik tahun ini, MTI memprediksi, kapasitas angkut KA mengalami penurunan sebesar 4,87 persen menjadi 2,25 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 2,82 juta orang. “Lokomotif banyak yang berusia tua sehingga tidak layak pakai,” kata Danang.

Selain mengalami penurunan kapasitas angkut, yang perlu menjadi cacatan PT KAI dalam mudik lebaran kali ini adalah diberlakukannya toleransi kelebihan angkut mencapai 50 persen atau total load factor 150 persen. Toleransi ini akan mengakibatkan seluruh ruangan dalam KA ekonomi akan disesaki penumpang, termasuk di dalam toilet.

Penulis:

Sumber:-