BNI

Jakarta - Para direksi empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir di sekolah-sekolah sejumlah kota untuk mengajar dan membagi kisah hidup mereka.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari Gerakan Direksi Mengajar 2013 seusai arahan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

“Direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyebar ke sebelas Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di beberapa kota. Mereka juga memberikan bantuan sarana pendidikan,” kata Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (20/5).

Lokasi mengajar, kata dia, ditentukan pada sekolah-sekolah yang memenuhi syarat sebagai sekolah yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Sedangkan pendistibusian bantuan sarana pendidkan dialokasikan dari dana corporate community responsibility (CCR) BNI.

Bantuan yang diberikan BNI disesuaikan dengan kebutuhan, bisa berupa penambahan sarana dan prasarana, atau renovasi bangunan. Sepanjang 2012, alokasi dana Bina Lingkungan mencapai Rp 56,99 miliar dan dapat dialirkan sebesar Rp 41,13 miliar.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga menggelar program Mandiri Edukasi di 12 SMA/SMK di sejumlah kota, dengan 1.800 siswa diajar langsung oleh para direksi mengenai kepemimpinan. Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Program ini juga bagian dari peringatan Hari Kebangkitan Nasional, sebab bangsa ini membutuhkan pemimpin yang memiliki kemauan dan karakter yang kuat. Itu telah ditunjukkan oleh para pendiri Boedi Oetomo 105 tahun yang lalu,” papar Budi.

Bank Mandiri juga memberikan beasiswa senilai Rp 120 juta kepada 120 siswa berprestasi dari 12 sekolah tersebut. Selain itu, perseroan mnyerahkan bantuan sarana pendidikan senilai total Rp 300 juta.

Sementara PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) juga menerjunkan jajaran direksinya untuk menjadi pengajar di sejumlah SMA Negeri yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Direktur Utama BTN Maryono mendapat kesempatan mengajar di SMA-nya dahulu, yaitu SMA Negeri I Rembang, Jawa Tengah.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) juga menurunkan 11 direksinya untuk mengajar di 11 SMA di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi. Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengajar di kampung halamannya di Bogor dan almamaternya, yaitu di SMA Negeri I Bogor.

BRI juga memberikan bantuan CSR BRI Peduli kepada pihak sekolah berupa sarana dan prasarana pendidikan, dengan total nilai bantuan lebih dari Rp 1,6 miliar. Berdasarkan data Januari-April 2013, penyaluran dana Bina Lingkungan CSR BRI mencapai Rp 18,5 miliar.

Investor Daily

Penulis: GRC/WBP

Sumber:Investor Daily