Jakarta - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan menggelar Jambore Sanitasi 2013 pada 24-30 Juni 2013.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan persampahan, air limbah, dan drainase.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Imam Santoso Ernawi mengatakan, jambore ini akan diikuti oleh 198 duta sanitasi provinsi dan 66 pendamping dari 33 provinsi. "Jambore ini juga kegiatan kelima kalinya yang diadakan Ditjen Cipta Karya sejak 2008," papar dia di Jakarta, Kamis (30/5).

Dari penyelenggaraan sebelumnya, sambung dia, sudah menghasilkan sebanyak 680 duta sanitasi dan air minum yang merupakan anak-anak yang bersekolah di tingkat SMP. Dari 680 duta tersebut, sekitar 82 persen sudah menerapkan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) di sekolahnya masing-masing.

"Adapun sekitar 70 persen sudah mengampanyekan ke sekolah-sekolah lain, sekitar 48 persen sudah ke tingkat kota dan kabupaten, serta sebanyak 40 persen telah diwawancarai oleh sejumlah media," tambah dia.

Sebagai satu rangkaian kegiatan dengan jambore sanitasi 2013 ini peserta akan dikukuhkan sebagai duta sanitasi nasional oleh Ibu Negara RI di Istana Kepresidenan. Selain itu, juga diselenggarakan Gema Indonesia yang melibatkan 1.750 anak SD dari Jakarta dan sekitarnya.

Investor Daily

Penulis: EAN/WBP

Sumber:Investor Daily