Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (kiri) berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kanan).

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum menyiapkan tiga program pembangunan infrastruktur sebagai pengganti subsidi bahan bakar minyak (BBM). Ketiga program infrastruktur itu bernilai Rp 6 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengungkapkan, ketiga program tersebut masing-masing mendapatkan alokasi sebesar Rp 2 triliun.

"Program-program itu untuk memberikan bantuan kepada masyarakat miskin yang terkena dampak kenaikan harga BBM," tandas dia saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/6).

Program pertama adalah program percepatan dan perluasan pembangunan sistem penyediaan air minum (P4-SPAM) yang diperuntukkan bagi pemenuhan air minum di desa rawan air, kampung nelayan, dan di pelabuhan yang tidak ada air.

Program kedua yaitu program percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur sumber daya air (P4-ISDA) yang diarahkan untuk perbaikan irigasi kecil di 4.000 desa.

Adapun program ketiga berupa program percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur permukiman dengan menyasar 5.500 desa dan 1.800 kelurahan kawasan kumuh perkotaan. Program ini menyasar pola pemberdayaan masyarakat dengan upah kerja, material, dan peralatan.

Investor Daily

Penulis: EAN/FMB

Sumber:Investor Daily