Ilustrasi kegiatan ekspor impor di pelabuhan

Bogor - Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menilai, Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor empat dunia pada tahun 2050.

Kondisi itu tidak bisa diabaikan oleh negara-negara dunia, termasuk Australia.

"Indonesia merupakan kekuatan ekonomi dunia, tahun 2030 diperkirakan yang ketujuh dan menjadi kekuatan ekonomi ke-4 pada tahun 2050 setelah China, Amerika Serikat dan India," kata Perdana Menteri Kevin Rudd dalam jumpa pers di Istana Bogor, Jumat (5/7).

Rudd mengatakan, Indonesia merupakan negara besar yang perekonomiannya sedang tumbuh dengan Produk Domestik Bruto (PDB) hingga US$ 1,3 triliun.

Dengan populasi hampir 250 juta penduduk, Rudd berpendapat, Indonesia harus diperhitungkan. Oleh karena itu, dalam pertemuan kali ini, kemitraan strategis kedua negara menjadi hal yang penting.

"Jika sesuatu yang besar terjadi di Indonesia maka semua orang di Australia dan seluruh dunia tidak bisa mengabaikannya. Sehingga Indonesia tak dapat diabaikan termasuk dalam kepentingan Australia demikian juga sebaliknya,"" kata Rudd lagi.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia memang tercatat cukup tinggi di atas level 6 persen di tengah negara-negara lain di dunia yang sedang mengalami pelemahan.

Penulis: Ezra Sihite/WBP