6 Hotel Accor Raih Green Hotel Award 2013

6 Hotel Accor Raih Green Hotel Award 2013
GM 6 Accor Hotel saat menerima penghargaan. ( Foto: Istimewa )
Imam Muzakir Kamis, 3 Oktober 2013 | 20:05 WIB

Jakarta - Enam Hotel Accor di Indonesia dapat Green Hotel Award 2013 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dr. Mari E. Pangestu, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Keenam hotel yang mendapatkan Green hotel award 2013 tersebut adalah Pullman Jakarta Central Park, Novotel Palembang, Novotel Lampung, Novotel Bandung, Novotel Manado Golf Resort & Convention Centre, dan Mercure Surabaya.

Green Hotel Award merupakan bentuk penghargaan kepada hotel-hotel akan prestasi yang terkait dengan hal-hal sosial kemasyarakatan yang berkesinambungan, termasuk pengelolaan lahan, konservasi air dan energi, penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, pengelolaan kualitas udara dan limbah, kebijakan belanja yang mempertimbangkan lingkungan, pengurangan limbah makanan dan inisiatif program CSR.

Senior Vice President, Accor Malaysia, Indonesia dan Singapura, Gerard Guillouet mengatakan, dengan penerapan kampanye hijau telah membuahkan hasil bagi Accor di Indonesia.

"Kami sangat bangga bahwa dari 20 hotel yang mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata enam diantaranya adalah hotel Accor di Indonesia,” kata dia, dalam rilisnya, Jakarta, Kamis (3/10).

Menurutnya, penghargaan ini sebagai bukti bahwa PLANET 21, program sosial kemasyarakatan berkelanjutan Accor serta program Plant for the Planet dan A Tree for A Child (ATFAC), telah benar-benar membantu hotel menanamkan kelestarian dalam kegiatan operasional sehari-hari.

"Accor terus mendorong hotel-hotel jaringan kami di Indonesia untuk menemukan cara agar menjadi semakin ramah lingkungan dan memiliki tanggung jawab sosial yang lebih sehingga dapat memperoleh penghargaan yang lebih bergengsi di masa depan,” ujarnya.

Dengan PLANET 21, Accor menempatkan program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan sebagai bagian dari strategi bisnis Perusahaan dan telah menegaskan komitmen yang kokoh terhadap lingkungan dan program sosial kemasyarakatan dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2015.

Target-target tersebut antara lain adalah penghematan air sebesar 15 persen, penghematan energi sebesar 10 persen dan pengurangan emisi gas rumahkaca serta larangan total untuk menyajikan menu di hotel yang berasal dari hewan laut yang terancam punah.

Untuk memenuhi syarat sebagai hotel dengan program PLANET 21, hotel harus terlebih dahulu memenuhi kriteria tertentu, seperti memasang regulator air dengan aliran rendah dan lampu hemat energi, menerapkan program daur ulang dan menyajikan makanan yang sehat.

Sumber: Investor Daily
CLOSE