Simas Net dan Columbia Kejar Premi Rp 7,5 Miliar

Simas Net dan Columbia Kejar Premi Rp 7,5 Miliar
Presiden Direktur PT Asuransi Simas Net, Teguh Aria Djana ( Foto: BeritaSatu Photo/Uthan A Rachim )
Lona Olavia / FMB Senin, 25 Mei 2015 | 14:29 WIB

Jakarta - PT Asuransi Simas Net dan PT Sunprima Nusantara Pembiayaaan (Columbia) mengincar pencapaian premi sebesar Rp 7,5 miliar di tahun ini. Tahun lalu, terhitung sejak Maret-Desember, premi yang sudah dikumpulkan dari kerjasama dua perusahaan tersebut baru tembus Rp 3 miliar.

Direktur Utama PT Asuransi Simas Net Teguh Aria Djana mengatakan, hingga kuartal I sudah terkumpul premi Rp 1,2 miliar. Di mana, biasanya premi terkumpul signifikan jelang Lebaran dan akhir tahun.

"Selain asuransi kecelakaan diri, kami juga akan kerjasama terkait asuransi mikro pada semester II ini. Asuransi mikronya meliputi rumah, personal accident, gempa bumi, dan tsunami," ujarnya di Jakarta, Senin (25/5).

Columbia adalah salah satu partner affinity Asuransi Simas Net dengan pemberian jaminan asuransi kecelakaan diri bagi konsumen dari Columbia. Jaminan yang diberikan adalah jaminan meninggal dunia akibat sakit dan kecelakaan serta jaminan cacat tetap akibat kecelakaan, dalam bentuk santunan maksimal Rp 10 juta. "Hingga Maret tahun lalu total pembayaran klaim yang sudah diberikan mencapai Rp 200 juta atas risiko meninggal dunia yang dialami pemegang polis," sebutnya.

Head of Marketing Columbia Surya D Utama mengatakan, kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan hingga 30 persen tahun ini. Biasanya Columbia memperoleh omset Rp 1,3 triliun per tahun dengan jumlah pelanggan 20.000. "98 persen pembelian di Columbia dengan cara kredit. Jadi, kita tawarkan asuransi dengan kurangi margin karena preminya kita yang tanggung. Ini strategi kita untuk bersaing dengan perusahaan sejenis," ucapnya.

Teguh menambahkan, program affinity dapat digunakan sebagai jalur pemasaran produk asuransi untuk mendongkrak perolehan target premi Asuransi Simas Net di akhir tahun 2015 sebesar Rp 100 miliar. Di mana, pada kuartal I baru diperoleh Rp 20 miliar.

Target ini, sambungnya akan dicapai melalui peluncuran produk asuransi mikro dan juga penambahan partner affinity. "Saat ini ada 8 yang sudah bekerjasama, kita harapkan ada 2 lagi yang gabung. Itu dari e-commerce," pungkas dia.

Asuransi Simas Net adalah salah satu anak usaha PT Asuransi Sinar Mas yang memfokuskan target pemasaran produk asuransinya melalui jalur distribusi online dan kerjasama dengan berbagai affinity partner secara B to B atau B to C sistem.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE