Kemhub Pesan Kapal Navigasi Rp 246 Miliar

Ilustrasi kapal cepat. (Ist)

Oleh: Laila Ramdhini / MUR | Rabu, 18 November 2015 | 17:58 WIB

 

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memesan dua kapal induk perambuan navigasi dengan nilai kontrak sebesar Rp 246,22 miliar. Kapal akan dibangun dengan anggaran multiyears mulai tahun ini hingga 2017.
"Pembangunan dua unit induk perambuan berukuran 700 DWT ini akan dikerjakan oleh kontraktor pemenang lelang, yakni PT Caputra Mitra Sejati, dengan anggaran multiyears sampai 2017," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemhub Bobby R Mamahit usai menandatangani kontrak pembangunan kapal di Jakarta, Rabu (18/11).

Kapal induk perambuan merupakan kapal negara kenavigasian yang memiliki fungsi untuk memasang pelampung saur serta melakukan pengangkutan dan pengangkatan. Selain itu, kapal perambuan disiapkan untuk berbagai aktivitas di menara suar.

Sesuai rencana, dua kapal induk perambuan dioperasikan dan ditempatkan di Pangkalan Distrik Navigasi Kelas I Sorong dan Pangkalan Distrik Navigasi Kelas III Tarakan. Kapal memiliki spesifikasi panjang 62 meter, lebar 12 meter, tinggi 4,2 meter, dan berkecepatan 12 knot.

Hingga akhir tahun ini,  Kemhub akan menambah 10 unit kapal induk navigasi dengan anggaran tahun jamak. Pengadaan kapal baru  akan menambah jumlah kapal milik Kemhub yang saat ini sebanyak 63 unit. "Tahun ini, kami tambah 10 kapal lagi, sampai Desember nanti. Ini kan multiyears, setelah tanda tangan kontrak terus kami bayar uang muka 5-10%," kata dia.


Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT