Pembuatan jalan beton

Aher Sebut 400 Km Jalan di Jabar Selatan Dibeton

Pembuatan jalan beton (Antara)

Bandung- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menyatakan lebih dari 400 km jalan di wilayah pesisir selatan Jawa Barat yang membentang dari Pangandaran menuju Cibarenok, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabuni telah diperbaiki menjadi jalan beton.

"Kita mencatat sejarah jalan bagus dari mulai Pangandaran, lebih dari 400 km membentang sampai ke kawasan barat Jawa Barat di Pelabuhan Ratu. Ini untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Jawa Barat," kata Ahmad Heryawan dalam siaran persnya, Minggu (3/1).

Mengawali tahun 2016 ini, Gubernur Jabar melakukan safari pembangunan di wilayah Jawa Barat Selatan dan salah agenda kegiatan tersebut mengecek infrastruktur di wilayah Jawa Barat bagian Selatan. "Jalan merupakan infrastruktur pergerakan barang dan orang yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Untuk itu, jalan sangat berperan penting dalam denyut nadi perekonomian suatu daerah," kata dia.

Ia menuturkan salah satu kawasan yang dikunjunginya saat melakukan safari pembangunan adalah ke pulau terluar Jawa Barat, yaitu pulau Nusa Manuk di Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Pihaknya mengakui bahwa ada beberapa ruas jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan, seperti di daerah Parigi dan Legok Jawa kurang lebih 500 meter serta 5 km di Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Dengan demikian, kata dia, total jalan yang masih dalam kondisi rusak ringan kurang lebih 6 km dan akan segera diperbaiki pada tahun 2016 ini. "Jawa Barat bagian selatan sekarang ini memiliki jalan yang paling bagus dan terpanjang. Konstruksinya beton dan banyak di kawasan Tasikmalaya," ujar Aher.

Menurutnya, pembangunan jalan mengeluarkan biaya paling mahal dibanding bidang pembangunan lainnya. Pembangunan jalan beton di Selatan Jawa Barat menelan anggaran hingga Rp 1 triliun pada 2014 dan 2015. "Pemerintah pusat dan daerah mengeluarkan dana tidak sedikit untuk membangun jalan Pangandaran sampai dengan Cibarenok, Pelabuhan Ratu. Tercatat tahun 2014 menelan anggaran Rp 800 miliar. Tahun 2015 sebesar Rp 200 miliar," kata Aher.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat di kawasan selatan bisa memanfaatkan dan memelihara dengan baik jalan tersebut. Pemeliharaan bisa dilakukan melalui penghijauan di sepanjang jalan.

/WBP

ANTARA