Petugas berjaga di meja pendaftaran pada hari pertama Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Kementerian Keuangan, Jakarta. FOTO ANTARA/Rosa Panggabean
Jumlah tersebut menciut dari sebelumnya 87 orang.

Setelah melewati tahap seleksi administratif dan wawancara, sebanyak 38 orang dinyatakan lulus seleksi tahap kedua (kapabilitas) calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jumlah tersebut menciut dari sebelumnya 87 orang yang lolos tahap seleksi administratif dari total 290 pendaftar.

Ke-38 orang itu dipilih berdasarkan hasil rapat pleno panitia seleksi pemilihan calon anggota Dewan Komisioner OJK, pada 6 Maret 2012,

Demikian disampaikan Ketua Pansel DK OJK Agus Martowardojo dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dalam situs resminya, dini hari.

"Dalam seleksi kapabilitas, penyedia jasa profile assesment independen yang ditunjuk, yaitu PT Iradat Konsultan, melakukan penilaian profil. Tujuannya, untuk mengetahui kompetensi dan kepribadian calon anggota DK OJK," kata Agus.

Sejumlah aspek yang dinilai adalah kepemimpinan, integritas, independensi, strategi pemikiran, strategic eksekusi, stakeholders management, kemampuan komunikasi, etika, fairness, sinergi, dan koordinasi.

Di antara nama-nama yang lolos, terdapat sejumlah pejabat Bank Indonesia (BI), Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), pensiunan, bankir, pengamat ekonomi, dan lainnya.

Sebagai contoh, Achjar Iljas (Mantan Deputi Gubernur BI), Anggito Abimanyu (pengamat ekonomi dan dosen Universitas Gadjah Mada), Muliaman Darmansyah Hadad (Deputi Gubernur BI), Nurhaida (Ketua Bapepam-LK), Firdaus Djaelani (Kepala Eksekutif LPS), Yunus Husein (Mantan Kepala PPATK), dan Riswinandi (Wakil Direktur Utama Bank Mandiri).

Selanjutnya, ke-38 nama yang lolos seleksi tahap II wajib mengikuti proses seleksi tahap III, yaitu seleksi kesehatan pada 9-10 Maret 2012. Tidak hanya itu, para peserta yang lolos wajib menyerahkan penulisan makalah kompetensi.

"Peserta wajib menyusun makalah kompetensi secara mandiri sesuai dengan pedoman penulisan makalah kompetensi di situs Pansel OJK," ucap Agus.

Tenggat waktu penyerahan makalah tersebut yaitu Senin, 12 Maret 2012. Namun, Pansel menegaskan, makalah kompetensi tidak atau belum digunakan untuk penetapan hasil seleksi tahap III.

"Makalah kompetensi akan digunakan oleh Pansel dalam seleksi tahap IV (seleksi kompetensi) untuk menilai kelayakan calon anggota DK OJK berdasarkan kompetensi yang dimilikinya," pungkas Agus.

Berikut daftar nama 38 calon komisioner OJK:

1. Achjar Iljas
2. Anggito Abimanyu
3. Chandra Martha Hamzah
4. Deswandhy Agusman
5. Endang Kussulanjari Tri Subari
6. Erry Firmansyah
7. Firdaus Djaelani
8. Frans Y. Sahusilawane
9. Handoyo Sudradjat
10. Hasan Zein Mahmud
11. Hekinus Manao
12. I Wayan Agus Mertayasa
13. Ilya Avianti
14. Isa Rachmatarwata
15. Kemal Azis Stamboel
16. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono
17. M. Noor Rachman
18. Mulabasa Hutabarat
19. Mulia Panusunan Nasution
20. Muliaman Darmansyah Hadad
21. Mulya Effendi Siregar
22. Nelson Tampubolon
23. Ngalim Sawega
24. Nurhaida
25. Ogi Prastomiyono
26. Oni Syahroni Priatna
27. Parikesit Suprapto
28. Peter Benyamin Stok
29. Purwantari Budiman
30. Rahmat Waluyanto
31. Rijani Tirtoso
32. Riswinandi
33. Robertus Bilitea
34. Robinson Simbolon
35. Sahala Lumban Gaol
36. Sidharta Utama
37. Umar Juoro
38. Yunus Husein




Penulis: