Operasi Pasar Digelar, Harga Cabai dan Bawang Merah Turun

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono Kamino (keempat dari kiri) saat panen cabai belum lama ini. (/Istimewa)

Oleh: Aditya L Djono / ALD | Selasa, 12 April 2016 | 15:09 WIB

Jakarta - Dalam rangka menstabilkan harga komoditas hortikultura strategis, terutama cabai dan bawang merah, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kemtan) menggelar pasar murah di beberapa pasar di wilayah Jakarta. Operasi pasar digelar sejak 8 Maret lalu di sejumlah pasar, di antaranya Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Bintaro, Pasar Minggu, dan Pasar Ragunan.

Menurut Direktur Jenderal Hortikultura, Spudnik Sujono Kamino, langkah yang dilakukan jajarannya mampu menurunkan harga dua komoditas hortikultura yang banyak dikonsumsi masyarakat tersebut. Sebagai contoh, harga cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati pada 8 Maret lalu mencapai Rp. 55.000, pada Selasa (12/4) turun menjadi Rp 15.000 per kg. Demikian pula harga cabai keriting di lokasi yang sama dari Rp 43.000 turun menjadi Rp 14.000 per kg. Adapun harga bawang merah di Kramat Jati yang semula Rp. 37.000, kini menjadi Rp 31.000 per kg.

“Selama operasi pasar dilakukan, komoditas cabai langsung dipasok dari petani di Magelang, yakni dari Kecamatan Pakis, dan dari Kabupaten Garut, yakni di Kecamatan Rancabuaya. Begitu juga untuk produk bawang merah langsung didatangkan dari petani di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Pati,” ungkap Dirjen, di Jakarta, Selasa (12/4).


Sumber: Press Release
ARTIKEL TERKAIT