Seorang pekerja melakukan proses penyambungan plat pada produk Cold Rolled Coil di PT Krakatau Steel, Cilegon, Banten, 1 November 2010.
KS akan menghasilkan tambahan baja sebesar 1,2 juta ton per tahun.

PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT), anak usaha PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN), menandatangani nota kesepahaman penyediaan coking coal (batubara kalori tinggi) kepada PT Krakatau Steel (KS) Tbk (KRAS).

Pasokannya mencapai 900 ribu ton per tahun yang akan dimulai pada 2014.

"Batubara coking coal itu sangat khusus. Kami membutuhkan coking coal di bagian hulu untuk proses produksi baja," kata Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk Fazwar Bujang di Jakarta, hari ini.

Fazwar mengatakan, suplai coking coal ini akan mendukung perusahaan pelat merah baja ini untuk mengoperasikan pabrik baja tanur tinggi (Blast Furnace). Sehingga KS akan menghasilkan tambahan baja sebesar 1,2 juta ton per tahun.

Dia mengakui, saat ini cadangan coking coal di Indonesia tidak banyak, sehingga menjadi barang mahal. Sebagai gambaran, permintaan coking coal dunia banyak berasal dari negara-negara berkembang.

Untuk produksi baja, jelas dia, Indonesia masih relatif tertinggal. Dari total kapasitas baja dunia yang mencapai 1,4 miliar ton, sebagian besar dari China sebesar 700 juta ton per tahun. Sementara kapasitas terpasang Indonesia sekitar 6 juta ton per tahun.

Fazwar berharap, ke depan di Indonesia lebih banyak mengembangkan coking coal. "Untuk 1  ton besi cair yang nantinya diolah menjadi baja, dibutuhkan sekitar 300-340 kilogram coking coal, cokes. Jadi di hulu, coking coal untuk produksi baja itu sangat besar," kata dia.

Direktur Pemasaran Borneo Lumbung Eneri & Metal Tbk Ken Allan, mengatakan perseroan memberi harga spesial untuk pasokan coking coal ke KS. Hanya saja, dia enggan menyebut nilai jualnya.

Tahun ini Borneo menargetkan harga jual rata-rata US$ 200 per ton, lebih rendah 13 persen dari tahun 2011 sebesar US$ 230 per ton. "Harga jual untuk KS akan kami buat spesial, untuk mendukung industri baja nasional," kata dia.


Penulis: