Unit Usaha Syariah Aset di bawah Rp1 Triliun

Unit Usaha Syariah BPD Jambi, Jadi Bank Umum Syariah pada 2020

 Unit Usaha Syariah BPD Jambi,  Jadi Bank Umum Syariah pada 2020
Bank Syariah Terbaik - Anggota Dewan Komisioner OJK/ Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani (tengah), Dewan Kehormatan Asbisindo A Riawan Amin (kiri), serta pemenang Investor Award Best Syariah 2016 kategori Bank Syariah Terbaik (ki-ka): Direktur Utama PT Bank BNI Syariah Imam T Saptono, Direktur Utama PT Bank Panin Syariah Tbk Deny Hendrawati, Head Shariah Banking Maybank Indonesia Herwin Bustaman, Direktur PT Bank Aeh Haizir Sulaiman, Direktur PT BPD DIY Yogyakarta Bambang Kuncoro, saat acara Majalah Investor Award Best Syariah 2016 di Jakarta, Rabu (10/8). ( Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim / Uthan A Rachim )
Fajar Widhiyanto / FW Kamis, 11 Agustus 2016 | 13:57 WIB

Unit Usaha Syariah (UUS) yang mulai dibuka oleh Bank Pembangunan Daerah Jambi pada desember 2011 lalu ini punya kinerja yang cukup baik untuk kategori UUS dengan aset di bawah Rp1 triliun. Dari tingkat Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) misalnya, pada tahun 2015 lalu UUS BPD Jambi mencatatkan BOPO sebesar 42,68%, lebih rendah dibanding para koleganya di kelas aset yang sama. Hal ini mencerminkan tingkat efisiensi operasional yang cukup baik di level manajemen.

Sementara itu tingkat Return on Asset (ROA) pada akhir tahun lalu tercatat sebesar 6,19% tertinggi di kelasnya, sehigga mencerminkan manajemen UUS BPD Jambi yang mampu mengelola aset hingga mampu menghasilkan laba yang baik.
Pada tahun 2015, UUS BPD Jambi mampu mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 4,82% menjadi Rp10,09 miliar dibandingkan pada periode tahun sebelumnya yang sebesar Rp9,63 miliar. Sementara itu total pembiayaan yang dikucurkan bertumbuh sebesar 11,85% menjadi Rp172,9 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp154,5 miliar.


Hingga Desember 2015, aset UUS BPD Jambi tercatat sebesar Rp247,76 miliar atau sebesar 3,76% dibandingkan total aset induk usaha yang sebesar Rp6,58 triliun. Saat ini manajemen UUS BPD Jambi menetapkan visi menjadi Bank Umum Syariah terkemuka di wilayah Provinsi Jambi yang tumbuh secara sehat dan andal melayani Mitra Usaha. Berdasarkan Peta Jalan yang dipaparkan dala laporan tahunan 2015, UUS Bank Jambi selanjutnya akan ditingkatkan menjadi Bank Umum Syariah pada tahun 2020 atau selambat-lambatnya sampai dengan tahun 2023 di mana pemegang saham berkomitmen untuk menambah setoran modal kepada Bank Jambi secara bertahap.

Sumber: Majalah Investor
CLOSE