Dua Direktur Baru Pimpin ASDP Indonesia Ferry

Petugas melayani calon pemudik yang membeli tiket kapal penyeberangan di "rest area" Km 68 jalan tol Jakarta-Merak, Serang Timur, Banten. (Antara)

Oleh: / TL | Kamis, 15 September 2016 | 16:21 WIB

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara menetapkan dua direktur baru untuk memimpin PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), yaitu Djunia Satriawan sebagai Direktur Keuangan dan Faik Fahmi sebagai Direktur Usaha Pelabuhan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro di Jakarta, Kamis, mengatakan bergabungnya dua direktur baru di jajaran direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) itu merupakan keputusan Kementerian BUMN selaku pemegang saham, yang diharapkan dapat berkontribusi positif untuk lebih memajukan perseroan.

Direktur Keuangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Djunia Satriawan sebelumnya berkarir di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai Head of Goods and Services Procurement Division, dan Direktur Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi, sebelumnya menjabat sebagai Director of Commercial & Business Development di PT Angkasa Pura II (Persero).

Adapun posisi Direktur Keuangan PT ASDP telah mengalami kekosongan sekitar satu tahun, dan posisi Direktur Usaha Pelabuhan sebelumnya dijabat oleh Kemal Heryandri. "Dengan pengalaman mereka sebelumnya di bidang masing-masing, saya meyakini keduanya dapat menjawab tantangan dan membawa pemikiran baru untuk lebih memajukan bisnis perusahaan ke depannya," katanya.

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, menurut dia, PT ASDP membutuhkan pemimpin yang tangguh dan unggul untuk membawa perusahaan jauh lebih baik lagi di masa akan datang," kata Danang.

Dia menuturkan tahun 2016, perseroan membidik target pendapatan sebesar Rp2,6 trilliun atau tumbuh 118 persen dibandingkan realisasi 2015 sebesar Rp2,2 triliun. Sedangkan laba bersih perseroan ditargetkan sebesar Rp248 miliar hingga akhir tahun ini atau tumbuh 110 persen dibandingkan realisasi tahun 2015 sebesar Rp224 miliar.

Pada Semester I-2016, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil membukukan laba bersih Rp88,5 miliar atau tumbuh 22 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp 72,5 miliar. Perseroan juga meraih pendapatan sebesar Rp1,11 triliun atau tumbuh 3 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp1,08 triliun.

Danang mengatakan saat ini pihaknya tengah menggenjot percepatan dan pembangunan infrastruktur pelabuhan dan peningkatan kinerja pendapatan, pelayanan serta keselamatan. Adapun total kebutuhan investasi untuk 2016 sekitar Rp2,3 triliun.

Komisaris Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Lalu Sudarmadi menyambut kehadiran dua direktur baru di level direksi, yang akan mengemban tugas mewujudkan goal perusahaan. "Sekarang direksi sudah 'full team', diharapkan dapat 'full speed' juga dalam memajukan perusahaan," katanya.

Lalu berharap kehadiran direksi baru diharapkan dapat berpikir "out of the box" bertindak cepat dalam menjawab tantangan industri penyeberangan, sehingga mampu berkontribusi lebih baik lagi demi kemajuan perusahaan, terlebih lagi untuk kemakmuran bangsa dan negara," ujarnya.

Adapun susunan pengurus lengkap Perseroan adalah sebagai berikut, untuk Dewan Komisaris, Komisaris Utama:Lalu Sudarmadi, anggota Asep Iskandar, Chumaidi Syarief R, Stephanus Budiono, Achmad Sanusi dan Sugihardjo.

Direktur Utama Danang S Baskoro, Direktur Keuangan Djunia Satriawan, Direktur Usaha Pelabuhan Faik Fahmi, Direktur Usaha Penyeberangan La Mane, Direktur SDM dan Umum: Charda Damanik dan Direktur Teknik: M Fitri Natriawan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merupakan perusahaan feri pelat merah terbesar di Tanah Air bahkan di Asia dengan total jumlah armada 139 unit kapal. Saat ini, ada 195 lintasan pelayaran penyeberangan yang dilayani ASDP, dengan total panjang mencapai 24.600 kilometer dari Sabang hingga Merauke yang menghubungkan seluruh pulau di Indonesia.

 

 




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT