Kemkop dan UKM Luncurkan Aplikasi Berbasis Android i

Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM atau CIS SMEsCO berbasis Android, di Yogyakarta, Kamis, 30 Maret 2017.

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Jumat, 31 Maret 2017 | 21:47 WIB

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop dan UKM) meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM atau CIS SMEsCO berbasis Android di Yogyakarta, Kamis (30/3).

Peluncuran ditandai dengan penyerahan mock-up kepada konsultan pendamping PLUT-KUMKM Provinsi DI Yogyakarta, dalam acara Diseminasi Kerja sama pendampingan KUMKM yang diikuti 40 peserta dari PLUT KUMKM seluruh Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kotabaru Kalimantan Selatan, Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan Bulungan Kalimantan Utara.

Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kemkop dan UKM, Eviyanti Nasution, menyatakan, kehadiran aplikasi tersebut bertujuan untuk optimalisasi peran dan fungsi PLUT-KUMKM, diantaranya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi melalui aplikasi CIS SMESCO.

"Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google Play ataupun bisa diakses langsung melalui www.manajemen.cis-nasional.id," kata Eviyanti, dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (31/3)/

Lebih lanjut Eviyanti mengatakan, beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut antara lain, konsultasi online dan informasi pasar.

"Melalui perangkat handphone masing-masing, KUMKM di seluruh penjuru tanah air bisa melakukan konsultasi langsung dengan PLUT–KUMKM terdekat. Selain itu, KUMKM juga bisa melakukan promosi produk-produk mereka," paparnya.

Dengan format yang telah distandarkan, database KUMKM online yang dikelola PLUT KUMKM bisa digunakan sebagai baseline bagi program #UMKMnaikkelas.

"Database tersebut juga bermanfaat untuk keperluan akses pembiayaan dan credit rating," kata Eviyanti.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT