Kembangkan Energi Murah dari Atap, Utomodeck Tawarkan Solar Rooftop

Kembangkan Energi Murah dari Atap, Utomodeck Tawarkan Solar Rooftop
Direktur Operasional PT Utomodeck Metal Works Anthony Utomo tengah memberikan penjelasan tentang keamanan pemasangan solar rooftop pada atap bangunan.
Heriyanto / HS Jumat, 14 April 2017 | 13:41 WIB

Jakarta – Utomodeck sebagai produsen atap nasional terus menggarap pemenuhan energi alternatif dan murah. Hal itu dengan mengoptimalkan potensi listrik tenaga surya (matahari) yang diintegrasikan dengan pemanfaatan atap khusus untuk gedung atau bangunan (rooftop).

Direktur Operasional PT Utomodeck Metal Works Anthony Utomo di Jakarta mengatakan pihaknya menyediakan sistem rooftop sebagai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Konsumen yang menggunakan teknologi tersebut hanya membayar tenaga listrik yang dihasilkan, terutama skala industri seperti bangunan pabrik, bandar udara, hotel, apartemen, mal, dan rumah sakit.

“Kami tidak hanya menawarkan konstruksi atap semata, tetapi lebih dari itu dengan menyediakan energi alternatif dari matahari. Secara keseluruhan menjadi lebih murah,” kata Anthony, kemarin.

Dia menjelaskan bahwa konsumen yang menggunakan atap Utomodeck tersebut tidak lagi membeli infrastruktur solar rooftop tersebut. Jadi, hanya membayar energi listrik yang dihasilkan dari instalasi yang dipasang.
“Konsumen tinggal membayar daya listriknya saja. Kami sediakan atap khusus yang dipadu dengan teknologi solar rooftop dari Juwi Energy asal Jerman,” kata Anthony dalam acara Comprehensive Seminar on Roofing System & Beyond.

Dikatakan, kolaborasi teknologi yang ditawarkan tersebut bisa menghasilkan satu megawatt untuk atap ukuran 6.000 – 8.000 meter persegi. Besaran energi listrik yang dihasilkan pun dipengaruhi oleh ketinggian atap. Dengan kapasitas tersebut maka kendala biaya dari baru terbarukan (EBT) bisa diatasi yang selama ini terlalu mahal.

Menurut Head of Business Development Juwi Energy, Naresh K Govindan mengatakan potensi energi panas matahari di Indonesia sangat besar sehingga perlu dioptimalkan. Demikian juga solar rooftop yang ditawarkan bersama Utomodeck tersebut menjadi solusi untuk menyediakan energi murah.

“Kami baru mulai menawarkan teknologi ini ke Indonesia dan berharap akan terus berkembang dalam memenuhi energi murah,” ujarnnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE