Ilustrasi penumpang kapal laut.

Kemhub Prediksi Jumlah Penumpang Kapal Alami Kenaikan

Ilustrasi penumpang kapal laut. (Antara)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemhub) memperkirakan jumlah penumpang kapal laut pada masa angkutan Lebaran 2017 sebanyak 1,724 juta penumpang. Jumlah tersebut tumbuh 3 persen dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,674 juta penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemhub, Tonny Budiono, menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, maka pada tahun ini pelaksanaan angkutan laut Lebaran, akan dimulai H-15 hingga H+15 libur Idul Fitri dengan pemantauan di 52 pelabuhan.

"Dari 52 pelabuhan yang dipantau, ada 20 pelabuhan dengan penumpang tertinggi setiap tahunnya," tutur Tonny dalam siaran pers, Senin (8/5).

20 pelabuhan itu diantaranya Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Ternate, Tanjung Perak (Surabaya), Sungai Pakning, Tanjung Batu Kundur, Tanjung Uban, Tarakan, dan Makassar.

Selanjutnya pelabuhan Baubau, Dumai, Selat Panjang, Sorong, Parepare, Balipapan, Ambon, Tanjung Emas (Semarang), Nunukan, dan Pelabuhan Kendari.

Pada sisi armada, pemerintah menyiapkan 1.278 unit kapal penumpang milik PT Pelni dan swasta untuk angkutan laut Lebaran tahun 2017 ini. Tahun ini jumlah kapal yang disiapkan bertambah sebanyak lima unit kapal dari tahun 2016 l, yaitu sebanyak 1.273 kapal.

"Kami siapkan 1.278 kapal tahun ini dan untuk memastikan kelaiklautan kapal untuk angkutan laut Lebaran tersebut, Ditjen Hubla menyelenggarakan uji petik kelaiklautan kapal penumpang yang sudah dimulai sejak tanggal 17 April 2017," tutup Tonny.



Investor Daily

Thresa Sandra Desfika/FER

Investor Daily