Jaringan Telekomunikasi Seluler Dipastikan Siap Layani Mudik i

Konferensi pers Kesiapan Layanan Kominfo dalam Mudik Lebaran 1438 Hijriah, di Jakarta, 19 Juni 2017.

Oleh: Herman / FER | Senin, 19 Juni 2017 | 16:50 WIB

Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan bahwa jaringan telekomunikasi seluler telah siap melayani arus mudik, Lebaran dan juga arus balik 2017. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan hasil pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi yang dilakukan di 10 kota di Indonesia.

"Kami sudah melakukan pengecekan di jalur mudik, baik itu jalur darat, laut, maupun udara. Secara umum, kondisinya baik dan telah memenuhi semua target yang diharapkan," ujar Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin, di acara konferensi pers Kesiapan Layanan Kominfo dalam Mudik Lebaran 1438 Hijriah, di Jakarta, Senin (19/6).

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler ini dilakukan terhadap empat hal, yaitu uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan SMS, uji kualitas layanan mobile internet, serta uji kualitas cakupan mobilitas.

Imam menambahkan, meskipun secara umum jaringan telekomunikasi seluler telah siap menghadapi mudik Lebaran 2017, BRTI meminta kepada seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan cakupan mobilitas.

"Secara umum memang sudah baik. Namun ada beberapa titik yang masih harus ditingkatkan. Sehubungan dengan dibukanya jalur tol fungsional (dari Brebes Timur ke arah Semarang sejauh 110 Km), para operator diharapkan dapat melakukan optimalisasi semaksimal mungkin untuk menjaga kualitas dan kapasitas jaringan. Kemudian di beberapa titik antara Kalianda dan Bandar Lampung juga ada yang perlu ditingkatkan," tutur Imam.

Ketua Asosiasi telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys menambahkan, seluruh anggota ATSI juga sudah mengantisipasi titik-titik jalur mudik yang berpotensi menimbulkan terjadinya lonjakan traffic telekomunikasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan.

"Kami berharap kejadian tahun lalu seperti di Brexit tidak terjadi lagi. Namun kami juga telah mengantisipasi dengan melakukan penambahan kapasitas, yang diharapkan bisa menampung lonjakan traffic," ujar Merza.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT