Stok BBM dan Listrik untuk Sumbagut Cukup

Arcandra Tahar. (ID/Emral Firdiansyah)

Oleh: Arnold H Sianturi / PCN | Senin, 19 Juni 2017 | 22:15 WIB

Medan- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik untuk masyarakat di Sumatera bagian utara (Sumbagut) masih terpenuhi sampai Lebaran. Bahkan, antisipasi sudah disiapkan Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) bila terjadi lonjakan pemakaian.

"Semua persiapan sudah disiapkan secara matang untuk melayani masyarakat daerah ini selama mudik Lebaran. Kita sudah melakukan pengecekan. Tidak ada kendala yang dihadapi," ujar Arcandra Tahar saat meninjau Terminal BBM dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Belawan, Sumatera Utara, Senin (19/6).

Arcandra melaksanakan kunjungan kerja itu untuk mengetahui persiapan dari PLN dan Pertamina dalam melayani masyarakat menghadapi arus mudik dan saat Lebaran nantinya. Sejauh ini, tidak ditemukan kendala maupun kekurangan dari badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

"Pasokan untuk beban puncak masih mencukupi. Margin yang cukup atas persediaan listrik. Pengecekan dilakukan terus menerus. Semoga tidak ada persoalan yang tidak diinginkan selama menghadapi Lebaran ini. Pertamina pun sudah siap melayani masyarakat," katanya.

Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar menyampaikan, pihaknya menyiagakan 16 kantong stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan tiga Posko Mudik Serambi Pertamax di wilayah Aceh, Sumut, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Untuk penyaluran bahan bakar premium diperkirakan naik dari 7.266 kiloliter (KL) menjadi 7.212 KL.

"Penggunaan pertalite diprediksi naik sebesar 19 persen dari penyaluran normal sebesar 4.080 KL menjadi 4.852 KL, pemakaian Biosolar dari 6.254 Kl menjadi 6.429 KL," jelasnya.

Sementara itu, produk Pertamax dan Pertamax Turbo diprediksi naik 23 persen, dari penyaluran 755 KL menjadi 931 KL. "Untuk di Sumut, pasokan BBM ke masyarakat disuplai dari 5 terminal BBM yakni, TBBM Medan Group, TBBM Kisaran, TBBM Siantar, TBBM G Sitoli, TBBM Sibolga melalui 319 SPBU,” sebutnya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT