Menperin: Koperasi Percepat Peningkatan Daya Saing Industri

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Istimewa)

Oleh: Rahajeng KH / HK | Senin, 17 Juli 2017 | 20:23 WIB

Jakarta - Koperasi menjadi salah satu akselerasi peningkatan daya saing industri dalam negeri, terutama sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, koperasi dinilai dapat menumbuhkam aktivitas wirausaha, sehingga dapat juga mendorong pemerataan ekonomi Indonesia.

“Bersama Kementerian Koperasi dan UKM, kami terus memacu koperasi sebagai mesin perekonomian yang inklusif di Tanah Air. Upaya ini akan menumbuhkembangkan industri kecil dan menengah (IKM),” kata Menperin pada peresmian Koperasi Industri Tanah Air (KITA) di Jakarta, Senin (17/7).

Airlangga mengatakan, dibutuhkan kecepatan, kreativitas, dan inovasi dalam menghadapi situasi persaingan usaha yang semakin ketat. Selain itu, diperlukan kerja sama seluruh pihak agar bisa menghasilkan produk-produk unggulan yang bisa menembus pasar ekspor.

Kemenperin, menurut Airlangga, saat ini intensif meningkatkan penguatan SDM industri melalui pendidikan vokasi. “Kami menginisasi transformasi pendidikan dengan meluncurkan program link and match antara SMK dan industri,” kata dia.

Program tersebut telah menggandeng 200 lebih SMK dan ratusan industri di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Pekan depan, program serupa akan diluncurkan di wilayah Jawa Barat. Selain link and match, Kemenperin mendorong melalui diklat 3 in 1 untuk industri padat karya, seperti sektor industri garmen.

Adapula pengembangan sektor IKM melalui digitalisasi. Sektor digital yang sedang tumbuh tinggi dapat dimanfaatkan untuk mendorong agar IKM Indonesia dapat memanfaatkan e-commerce local dan fintech local untuk memperluas pasar produk-produk IKM. Untuk kebijakan ini, Kemenperin telah meluncurkan program e-Smart IKM.

Selain itu, industri padat karya berorientasi ekspor dipacu. Kemenperin tengah mendorong agar industri padat karya yang memiliki pangsa pasar ekspor besar seperti tekstil, perhiasan, furniture, elektronika dapat ditingkatkan produktivitas dan daya saingnya dalam upaya pemerataan ekonomi nasional.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT