Indonesia Jajaki Ekspor Unggas ke Timor Leste

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Ani Andayani (kiri) dan Dirjen Peternakan, Republic Democrate of Timor Leste (RDTL), Joanita Dakosta Jong (tengah) saat menghadiri acara peresmian ekspor bawang merah di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Matomasin, Malaka, NTT, Kamis 12 Oktober 2017. (Beritasatu.com/Paulus Nitbani)

Oleh: Paulus Nitbani / PCN | Kamis, 12 Oktober 2017 | 23:16 WIB

Betun- Indonesia akan menjadikan ekspor bawang merah ke Timor Leste sebagai pintu masuk kerja sama lebih lanjut dengan negara tetangga Indonesia tersebut dalam memenuhi kebutuhan domestik Timor Leste lainnya. Untuk ke depan, Indonesia sedang menjajaki untuk memasok kebutuhan ayam potong ke Timor Leste termasuk pasokan day old chicken (DOC).

Hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Ani Andayani di sela-sela acara peluncuran ekspor perdana bawang merah di perbatasan RI- Timor Leste di Matomasin, Malaka, NTT, Kamis (12/10).

Dalam kesempatan tersebut Ani yang mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas 30 ton bawang merah untuk diekspor ke Timor Leste.

Ani yang juga Penanggung Jawab Program Upaya Khusus (Upsus) Provinsi NTT mengatakan, untuk rencana ini pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Timor Leste dan saat ini masih terus dibahas oleh tim kedua belah pihak. Diharapkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah bisa dituntaskan dan direalisasikan.

Dikatakan, selama ini Timor Leste mengimpor unggas termasuk day old chicken (DOC) dari negara lain seperti Brasil, yang memakan waktu cukup lama sekitar enam bulan karena jauhnya jarak tempuh. Sedangkan, jika kebutuhan itu dipenuhi dari Indonesia, maka paling lama enam jam sudah bisa tiba di Dili, ibu kota Timor Leste.

"Semua ini bisa terjadi karena dekatnya lokasi kedua negara yang bertetangga. Nah, ini yang sedang kita upayakan agar pasokan DOC dan juga karkas serta produk olahan unggas ini bisa dipasok dari NTT ke Timor Leste," tuturnya.

 




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT