Kemkominfo Rampungkan Dashboard Angkutan Online

Kemkominfo Rampungkan Dashboard Angkutan Online
Ilustrasi pemesanan transportasi "online". ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / FMB Rabu, 14 Februari 2018 | 19:18 WIB

Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementeran Komunikasi dan Informatika, (Semmy) Abrijani Pangerapan menyerahkan hasil kustomisasi digital dashboard untuk memantau angkutan sewa khusus (transportasi online) kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi pada 14 Februari 2018. Hal itu sesuai dengan kesepakatan rapat 12 Februari 2018.

“Hari ini surat hasil finalisasi digital dashboard sesuai yang telah disepakati Senin (12/2) lalu telah saya kirimkan kepada direktur jenderal perhubungan darat, dilampiri petunjuk atau manual serta kode otorisasi akses untuk direktorat jenderal perhubungan darat dan beberapa dinas perhubungan provinsi. Sejak kemarin digital dashboard sudah diselesaikan sebenarnya,” ujar Semmy dalam siaran pers, Rabu (14/2).

Digital dashboard tersebut dikembangkan dari mock-up yang telah ditampilkan pada rapat 2 Februari 2018 yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Perhubungan. Semmy menambahkan, sebagai sebuah aplikasi maka digital dashboard ini selalu dikembangkan dan dimutakhirkan sehingga masukan-masukan dari kalangan Dinas Perhubungan sangat diperlukan.

Masukan juga diperlukan terkait data apa saja yang harus ditampilkan di dalam digital dashboard. Semmy mengatakan, Dinas Perhubungan harus memastikan data atau informasi apa saja yang benar-benar dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian.

“Sementara masukan yang dari kalangan dinas perhubungan belum banyak. Kami berharap masukan-masukan dari kalangan dinas perhubungan untuk pengembangan digital dashboard secara terus-menerus. Juga berkenaan dengan data agar dicermati data apa saja yang dibutuhkan. Untuk kali ini, kami pertimbangkan tidak menampilkan data nomor telepon pengemudi karena sangat melindungi data pribadi para pengemudi,” tegas Semmy.



Sumber: Investor Daily