Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Serang

Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Serang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten. ( Foto: Beritasatu Tv )
Aichi Halik / AHL Rabu, 14 Maret 2018 | 17:22 WIB

Serang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten.

Lewat keberadaan Bank Wakaf Mikro di pondok pesantren, Jokowi yakin mampu menjadi motivasi dan dorongan kuat warga sekitar seperti ibu-ibu untuk menambah penghasilan keluarga lewat pinjaman yang didapat dari sana.

"Untuk pinjaman pertama akan diberi Rp 1 juta. Kalau uangnya bisa dipakai dengan baik maka akan ditambah Rp 2 juta lagi. Begitu tahapannya," ujarnya di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Rabu (14/3).

Bank Wakaf Mikro sendiri pertama kali diinisiasi pembentukannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan menggunakan model Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) sebagai program prioritas pembangunan ekonomi umat.

Jokowi memprioritaskan pengadaan bank wakaf mikro untuk mengajak kaum yang secara ekonomi kekurangan menjadi produktif, serta berharap bahwa perekonomian bisa bergerak dari bawah.

"Ekonomi di bawah ini harus ada ruang, karena apa? Ada yang mau pinjam tapi tidak punya agunan, nah ini ke sini," kata Jokowi.

Bank Wakaf Mikro diyakini dapat meningkatkan inklusi keuangan, khususnya pada masyarakat dan pelaku usaha kecil dan mikro (UKM) untuk mendapat kemudahan permodalan.

Biaya operasional dan biaya administrasi Bank Wakaf Mikro hanya sebesar 3 persen per tahun.



Sumber: BeritaSatu TV
CLOSE