Emas
Bagusnya data pertumbuhan ekonomi di Eropa tertutupi oleh memburuknya hasil survei sentimen ekonomi di kawasan Eropa oleh ZEW

Harga emas masih tetap tertekan dan menguji level terendah penting (key support) US$1.522 per troy ons. Apabila level ini ditembus, maka target berikutnya telah menanti yaitu di angka US$1.516, sementara resisten terdekat di US$1.565.

"Hal ini tidak terlepas karena adanya ketidakpastian kelangsungan penyelesaian krisis utang Eropa, dan tidak adanya kejelasan apakah Yunani akan tetap mengikuti kesepakatan sebelumnya menambah resiko investasi yang tentunya tidak diinginkan investor/pelaku pasar saat ini," tutur Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, seperti dikutip dari risetnya, hari ini.

Data-data fundamental ekonomi yang dirilis kemarin juga menimbulkan reaksi yang beragam di pasar. Bagusnya data pertumbuhan ekonomi di Eropa tertutupi oleh memburuknya hasil survei sentimen ekonomi di kawasan Eropa oleh ZEW.

Sementara harga minyak mentah WTI juga tetap tertekan turun dan berpotensi melaju ke level US$90,60 (level support yang terbentuk 26 Oktober 2011-4 November 2011).

Data yang perlu diperhatikan yaitu data inflasi Eropa jam 16.00 WIB, data inflasi Inggris jam 16.30 WIB, data lelang obligasi Jerman tenor 10 tahun, dan data persediaan minyak mentah AS jam 21.30 WIB.

Penulis: