Menhub Temui Kasau Cari Solusi Kereta Bandara Adi Soemarmo

Menhub Temui Kasau Cari Solusi Kereta Bandara Adi Soemarmo
Kereta api. ( Foto: Antara )
/ WBP Minggu, 1 April 2018 | 17:23 WIB

Boyolali- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menemui Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna untuk mencari solusi pembangunan kereta Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan yang terkendala masalah tanah.

"Hari Senin (2/4) rencananya saya akan menemui Kasau untuk membicarakan penggunaan tanah milik angkaran udara yang terkena proyek," kata Menhub Budi kepada pers di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (1/4). Hal itu disampaikan Menhub yang bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau pembangunan stasiun kereta Bandara Adi Soemarmo.

Menurutnya, luas tanah milik TNI AU yang akan digunakan untuk proyek kereta api itu seluas 2,5 hektare (ha) dan tidak dalam kondisi terpakai. Meski demikian, pembangunan proyek di sejumlah titik seperti stasiun tetap berjalan. "Targetnya akhir tahun 2018 sudah bisa selesai proyek bandara ini dan awal 2019 sudah bisa beroperasi," kata Menhub.

Sementara tanah milik warga yang terdampak proyek itu, penggantiannya tidak ada masalah, dan saat ini sudah dalam tahap konsinyasi. "Memang ada sedikit kendala soal pembebasan tanah terutama yang milik angkatan udara," kata Menhub.

Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengatakan, untuk pembebasan lahan milik warga prinsipnya sudah selesai walaupun sebelumnya ada masalah.

Untuk lahan milik TNI AU, dia mengatakan sebelumnya ada wacana dicarikan tanah pengganti sebelum tanah sekarang digunakan proyek. "Kalau mau dicarikan tanah pengganti, kapan selesainya proyek kereta bandaranya," kata dia.

Proyek kereta Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 kilometer dengan lama tempuh 15 menit.



Sumber: ANTARA
CLOSE