Perusahaan E-Commerce Jadi Penyewa Utama Ruang Perkantoran

Perusahaan E-Commerce Jadi Penyewa Utama Ruang Perkantoran
Ilustrasi Startup ( Foto: Istimewa )
/ FER Rabu, 4 April 2018 | 22:58 WIB

Jakarta - Perusahaan yang bergerak di sektor e-commerce dinilai akan menjadi penyewa utama bagi pasar perkantoran di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Penyewa dari e-commerce masih menjadi demand generator untuk pasar perkantoran di Jakarta," kata Senior Associate Director Colliers International, Ferry Salanto, di Jakarta, Rabu (4/4).

Menurut Ferry, pihaknya juga telah mencatat sejumlah transaksi besar yang juga ada membeli ruang perkantoran hingga di atas 5.000 meter persegi (m2).

Selain itu, ujar dia, untuk segmen coworking spaces atau ruang perkantoran berbagi juga dinilai bakal semakin menunjukkan pertumbuhan tingkat permintaan di daerah ibukota.

Untuk area central business district (CBD), data Colliers International mencatat, pasokan di 2018 ini akan menjadi yang terbesar di Jakarta. Namun, tingkat hunian diproyeksikan turun menjadi 80 persen pada tahun yang sama.

Sedangkan di luar CBD, kawasan TB Simatupang tetap akan menjadi kawasan perkantoran yang dirujuk untuk investasi. Setelah mengalami penurunan, performa tingkat hunian dan rata-rata harga sewa di kawasan TB Simatupang kembali menunjukkan pertumbuhan dalam dua tahun terakhir.



Sumber: ANTARA
CLOSE